11.10.23

BERPERILAKU INOVATIF “MENGUBAH SAMPAH MENJADI KERAJINAN YANG BERNILAI”

 


BERPERILAKU INOVATIF  “MENGUBAH SAMPAH MENJADI KERAJINAN YANG BERNILAI”

 

PSIKOLOGI INOVASI

 Essay 4

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

MELI NUR HIDAYAH (21310410085)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Sampah adalah limbah yang di hasilkan oleh manusia dan sudah tidak memiliki nilai lagi, setiap harinya manusia selalu menghasilkan sampah, namun tidak jarang di temui banyaknya Masyarakat yang belum bisa mengolah sampah itu sehingga hanya di buang di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Kurang nya kesadaran Masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar terhindar dari sampah.Faktor penyebab kepedulian lingkungan didasari cara berpikir dan perilaku manusia. Partisipasi aktif warga menjadi hal yang penting untuk diidentifikasikan dalam aksi pengelolaan sampah. Upaya menjaga kelestarian lingkungan harus bermula dari diri individu dengan memulai dengan melakukan hal-hal kecil. Perubahan yang dilakukan kemudian dapat ’ditularkan’ menjadi kebiasaan dalam keluarga ataupun masyarakat, sehingga terjadi perubahan besar. Salah satu hal yang bisa di lakukan oleh Masyarakat adalah dengan mengubah sampah yang sudah tidak memiliki nilai menjadi barang atau kerajinan yang bernilai dan layak untuk di jual. Selain mengurangi keberadaan sampah, mengolah sampah dan membuatnya menjadi kerajinan juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, mengingat tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena menggunakan barang bekas tidak pakai dan memiliki nilai jual tinggi sehingga bisa menghasilkan keuntungan .

Oleh karena itu saya selaku Masyarakat yang memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan dari sampah, memberikan contoh dan berperilaku inovatif dengan membuat kerajinan dari sampah sehingga memiliki nilai dan dapat di jual. Dengan demikian saya sudah menginspirasi orang lain agar bisa melakukan hal yang sama. Barangkali dari sini bisa mengubah kehidupan menjadi lebih baik dengan memiliki bisnis dari sampah.



Adapun alat dan bahan yang saya gunakan untuk membuat buket dari barang bekas adalah :

Alat:

1.       Gunting

2.       Lem

3.       solatip

Bahan:

  1. sedotan bekas
  2. kertas revisian yang sudah tidak terpakai
  3. tusuk sate
  4. sterofom
  5. kertas kado bekas
  6. pita

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat buket dari barang bekas :

1.       gunting sedotan menjadi 3 bagian kemudian di bentuk menjadi kelopak bunga

2.       satukan kelopak bunga yang tadi sudah di gunting menjadi 1 bagian pada tusuk sate sehingga menjadi 1 tangkai bunga

3.       tusukan setiap 1 kelopak ke dalam sterofom sehingga membentuk rangkaian bunga.

4.       Siapkan kertas revisian dan di bentuk menjadi buket bunga yang cantik.

5.       Tempelkan pita untuk mempercantik buket.

 

Buket bunga dari barang bekas pun sudah jadi dan siap untuk di pasarkan dan di jual.

Link shopee : https://shp.ee/akp4czq

Referensi

Ruliyandari, R., Agustin, H., Utami, F. P., Nuraisyah, F., & Hidayat, M. S. (2023). PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT: PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH SEDOTAN MENJADI KERAJINAN TANGAN. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development3(2), 215-221.

0 komentar:

Posting Komentar