17.11.19

Pengertian dan Ruang lingkup Psikologi Klinis


TUGAS PSIKOLOGI KLINIS

Dosen Pembimbing : Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi,.MA
Widuri Mayangsari
173104101167


Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berfokus pada penanganan, penganalisisan, dan diagnosa penyakit-penyakit jiwa.Psikologi Klinis merupakan salah satu bagian dari bidang ilmu psikologi secara umum yang menerapkan dan mengaplikasikan psikologi abnormal sebagai ilmu dasar, dimana psikologi abnormal merupakan studi lanjutan dari psikologi kepribadian. Dalam
American Psychological Association (1935), Psikologi klinis merupakan psikologi terapan untuk menentukan kapasitas dan karakteristik tingkah laku individu dengan menggunakan metode pengukuran assessment, analisa dan observasi serta uji fisik dan riwayat sosial agar dapat diperoleh saran dan rekomendasi untuk membantu penyesuaian diri individu secara tepat. Psikologi klinis merupakan integrasi dari sains, teori, dan pengetahuan klinis.

            Psikologi Klinis dapat diartikan secara sempit maupun luas, yaitu mempelajari orang-orang abnormal dengan menggunakan assessment sebagai bagian integral yang biasa digunakan, membahas kesulitan-kesulitan maupun rintangan emosional pada manusia tanpa memandang normal atau abnormal serta melihat gejala yang dapat memungkinkan mengurangi kebahagiaan manusia. Psikologi Klinis menggunakan konsep-konsep psikologi abnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian, serta prinsip-prinsip dalam asesmen dan intervensi, untuk dapat memahami dan memberi bantuan bagi mereka yang mengalami masalah-masalah psikologis. Permasalahan psikologis yang ditangani oleh psikologi klinis meliputi banyak hal, mulai dari Kelainan emosi jangka pendek, seperti konflik keluarga, hingga kelainan mental yang sangat parah, seperti schizophrenia.

Psikologi klinis adalah suatu bagian dalam ilmu Psikologi yang kegiatannya melakukan penelitian terhadap perilaku manusia, menerapkan hasil penelitian tersebut dan melakukan assessment. Psikologi klinis menggunakan konsep-konsep psikologi abnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian serta prinsip-prinsip dalam assesment dan intervensi untuk dapat memahami masalah-masalah psikologis, gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku abnormal.



Ruang Lingkup Psikologi Klinis

Ruang lingkup psikologi klinis mencakup assesment, intervensi, dan penelitian.

1) Assesment
Merupakan proses pengumpulan informasi mengenai klien atau subyek untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai seseorang (Wiramihardja S.A., 2004: 38). Sedangkan menurut Bern dan Nietzel (Markam, 2003) assesmen dalam psikologi klinis, ialah pengumpulan informasi untuk digunakan sebagai dasar bagi keputusan yang akan disampaikan oleh penilaian.

2) Intervensi
Secara umum adalah upaya untuk mengubah perilaku, pikiran, perasaan seseorang. Kendall dan Norton Ford berpendapat bahwa intervensi klinis meliputi penggunaan prinsip-prinsip psikologi untuk menolong orang menangani masalah-masalah dan mengembangkan kehidupannya yang memuaskan.

3)Penelitian
Dalam psikologi klinis penelitian bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu teori dalam praktiknya, dan untuk lebih memahami keunikan perilaku, perasaan, dan pikiran individu klien, bukan untuk mengadakan generalisasi.tujuan dan penekanannya adalah untuk keperluan populasi khusus, misalnya :

a)  mengetahui efektivitas suatu perlakuan pada kelompok tertentu

b) menentukan tes yang dapat meramalkan kerentanan seseorang terhadap serangan stroke, dan lain-lain. Metode-metode yang digunakan ialah: metode observasi, penelitian epidemiologi, meode korelasi, eksperimen, penelitian longitudinal, dan desain satu kasus.



Psikologi Klinis dalam dunia Kerja

Dalam dunia kerja tidak dipungkiri bahwa psikologi klinis memiliki lahan pekerjaan sesuai dengan peranan keahliannya dan fungsi penggunaannya. Psikologi klinis memiliki peranan dalam memahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu ke ambang normal. Singkatnya, psikologi klinis memberikan bantuan pada manusia yang mengalami masalah psikologis. Tugas utama psikologi klinis adalah menggunakan tes yang merupakan bagian integral suatu pemeriksaan klinis yang biasanya dilakukan di rumah sakit.



Profesi dan Bidang-bidang Terkait dalam Psikologi Klinis

-Psikolog,Psikiater,Konsultan,Pengajaran,Terapis,Eksekutif
-Psikopatologi,Psikologi Medis,Psikologi abnormal,Kesehatan mental


Sumber Referensi:




 

0 comments:

Post a Comment