17.11.19

psikoterapi ....





TUGAS PSIKOLOGI KLINIS

DESEN : Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi,.MA



Nama : Ella Sapulete

NIM : 16.310.420.1128



Psikoterapi adalah metode yang digunakan untuk merawat kejiwaan, emosi dan gangguan kejiwaan tertentu. Dikenal juga sebagai "terapi berbicara", metode perawatan ini menolong pasien untuk mengenali masalah mereka, mengerti perasaan mereka, menerima kelebihan dan kelemahan mereka, dan membuat mereka berpikir positif terhadap diri sendiri dan juga masalah yang dihadapi. Pada intinya, psikoterapi terdiri dari komunikasi lisan dan non-lisan yang berguna untuk meringankan kesulitan psikologis.

Merasa sedih dan depresi pada titik tertentu hidup seseorang merupakan suatu hal yang wajar. Namun, seseorang dapat mengalami masalah serius dalam jangka panjang, sehingga ia mengalami gangguan emosional yang tidak dapat dihadapi sendiri. Saat masalah Anda mulai menimbulkan perubahan sifat yang tiba-tiba, hubungan buruk dengan orang lain, dan menganggu kehidupan sehari-hari, Anda mungkin perlu menemui psikolog.

Perlu diingat bahwa gangguan kejiwaan, khususnya saat menjadi berkepanjangan (kronis), dapat berakibat fatal. Faktanya, depresi jangka lama atau kegelisahan diketahui dapat menyebabkan berbagai gangguan fisik jika tidak ditangani. Jadi, jika Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya Anda menemui psikolog untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Ada beberapa perawatan psikoterapi yang tersedia. Jenis yang akan digunakan oleh psikolog Anda akan bergantung pada kebutuhan, penelitian psikologis terbaru dan teori yang dianut oleh psikolog Anda. Metode psikoterapi yang biasanya digunakan adalah: Psikoterapi psikodinamik atau psikoanalitik – Kebanyakan didasarkan pada teori Freudian, psikoterapi jenis ini berkisar mengenai pemahaman masalah yang dialami dengan menganalisis kemungkinan adanya hubungan antara masalah tersebut dengan pikiran yang terlupakan dan pengalaman masa kecil. Terapi perilaku – Dengan terapi perilaku, Anda akan didorong untuk melakukan kegiatan yang memperkuat hubungan sosial dan dibina untuk mengerti bahwa perubahan perilaku akan dapat mengubah perasaan Anda.Terapi kognitif – Berdasarkan keyakinan bahwa cara berpikir akan sangat memengaruhi perasaan kita, fokus dari terapi ini adalah mengenai pemikiran dan perilaku terkini serta menantang pemikiran yang keliru.Terapi kemanusiaan – Diarahkan menuju kesadaran diri dan mencapai citra diri yang lebih positif, terapi kemanusiaan meliputi penjelajahan pada pikiran, perasaan dan tindakan untuk menerima diri sendiri.Psikolog juga sering menggunakan terapi terpadu atau holistik, yaitu menggabungkan unsur dari jenis terapi yang berbeda untuk memberikan terapi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, psikoterapi dapat dilakukan dalam kelompok, misalnya terapi pernikahan dan konseling keluarga.

Kesukesan psikoterapi akan bergantung pada tiga faktor penting: keahlian klinis psikolog Anda, tepat tidaknya metode pengobatan yang dipilih, dan kepribadian, keyakinan, serta pilihan pasien. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal, pasien harus bekerja sama dengan psikolog. Bila pasien bersedia bekerja sama dan aktif berpatisipasi, psikoterapi akan menjadi lebih efektif dan hemat biaya. Psikoterapi diharapkan dapat memberikan kemajuan pesat pada hidup pasien, seperti: Prestasi sekolah atau pekerjaan yang lebih baik , Perspektif yang lebih positif dalam kegiatan sehari-hari , Peningkatan dalam mengutarakan perasaan,  Meningkatkan hubungan pernikahan, keluarga atau pertemanan, Membiasakan perilaku yang sehat (misalnya menghindari kebiasaan yang tidak sehat seperti kecanduan alkohol atau kebiasaan makan yang berlebih) Setelah sesi psikoterapi, akan sangat mudah untuk kembali ke kebiasaan dan cara berpikir Anda yang lama. Sangat penting bagi Anda untuk melanjutkan apa yang telah dipelajari dari sesi psikoterapi ke situasi di kehidupan nyata supaya masalah tidak terulang lagi.






Sumber :
American Psychological Association: “Memahami Psikoterapi dan Bagaimana Cara Kerjanya” Tersedia: http://www.apa.org/helpcenter/understanding-psychotherapy.aspx

Nordqvist, C. (2009). "Apa itu psikoterapi? Apa manfaat psikoterapi?" Berita Medis Hari Ini. Tersedia: http://www.medicalnewstoday.com/articles/156433.php







0 comments:

Post a Comment