24.6.16

Apa Bedanya Ringkasan dan Review ?

Achmad Rusdiyan Yazid
153104101116
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Apa perbedaan Ringkasan dan Review ?
Ini adalah sebuah pertanyaan yang saya lotarkan pada teman saya, sebut saja N. “Apa perbedaan Ringkasan dan Review?” … “Saya sampai sekarang belum paham tentang perbedaan dari keduanya.” Tanyaku suatu waktu pada N.

Obrolan ini pun menjadi menarik, karena ternyata kita sama-sama melontarkan pendapat tentang konsep sebuah ringkasan dan review. Dan tentu saja sama-sama belum menemukan titik temu dan kesepakatan apa sebenarnya perbedaan ringkasan dan review.

Dalam sebuah tugas psikologi, kita sama-sama disuruh untuk membuat ringkasan. Tujuannya adalah agar kita menguasai dan menambah skill dalam bidang literasi, yaitu bidang baca dan tulis. Tentu saja yang dimaksud bukan sekedar kemampuan baca tulis seperti di SD, tapi lebih kepada kemampuan baca tulis secara sistematis.

Mendapatkan tugas meringkas dengan tujuan literasi artinya kita dituntut untuk mampu membaca kemudian menemukan topik utama dan selanjutnya menuliskan point-point utama dan penting pada sebuah ringkasan. Seperti itu kan ?. Begitulah kira-kira yang disampaikan teman saya.

Lantas apa bedanya dengan review ? Tanya saya. Review adalah kita menuangkan segala isi pikiran kedalam tulisan setelah kita membaca dan tentu saja dengan gaya tulisan kita sendiri. Right ? Lanjut teman saya menjawab.

Luar biasa, saya cukup puas dengan jawaban teman saya ini. Lalu kemudian saya bilang, “Kalau begitu ringkasan lebih mudah kan ya? Tulis aja point-point pokoknya, selesai?” Teman saya hanya mengangguk me-iya-kan.  

Dan, sekarang apakah sudah paham perbedaan meringkas dan mereview ? Ini adalah hasil menurut yang saya pelajari dari obrolan saya dan N tentang perbedaan ringkasan dan review.

Meringkas
  •          Cukup tulis topik paling penting
  •          Cukup tulis point point penting   
  •          Singkat dan padat

Review
  •          Tulis apa yang kamu pahami
  •         Tulis pendapatmu
  •          Tulis dengan gaya tulisanmu sendiri
  •         Boleh singkat, boleh panjang
  •         Sebisa mungkin mudah dipahami orang lain

Ini, hanyalah tulisan dan pendapat pribadi. Untuk itu lebih baik mencari teori atau tanyakan langsung pada guru atau dosen kamu. Atau barangkali mau menuliskan pendapatmu sendiri ? Yuk, tulis !


Good Luck ! 

0 comments:

Post a Comment