30.4.20

Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Di Tengah Pandemi Corona


Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Di Tengah Pandemi Corona

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Ahmad Prasetiyo / 19310410029


Pada dasarnya olahraga merupakan kebutuhan setiap manusia. Manusia pasti akan melakukan olahraga di dalam kehidupannya. Olahraga bertujuan agar kondisi fisik dan kesehatan manusia tetap terjaga dengan baik. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis, bentuk kanker, obesitas, dan cedera. Partisipasi dalam aktivitas fisik juga dikenal untuk mengurangi depresi, stres dan kecemasan, dan meningkatkan kepercayaan diri, tingkat energi, kualitas tidur, dan kemampuan untuk berkonsentrasi (VicHealth, 2010: 1).

Masyarakat Indonesia saat ini masih kurang menyadari akan pentingnya hidup sehat. Hal ini terjadi karena kurangnya animo/minat dan apresiasi masyarakat terhadap olahraga. Hasil Susenas menunjukkan bahwa partisipasi penduduk berumur 10 tahun ke atas dalam melakukan olahraga mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Peningkatan partisipasi olahraga hanya terjadi dari tahun 2000 sebesar 22,6 persen menuju tahun 2003 menjadi sebesar 25,4 persen. Dalam kurun waktu 2003, 2006, dan 2009 partisipasi penduduk dalam melakukan olahraga terus menurun, yaitu dari 25,4 persen pada tahun 2003, turun menjadi 23,2 persen pada tahun 2006, dan terakhir turun menjadi 21,8 persen pada tahun 2009. Pola tersebut berlaku baik di daerah perkotaan maupun perdesaan. Partisipasi berolahraga penduduk perkotaan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penduduk perdesaan. Kondisi ini didukung oleh fasilitas dan jenis olahraga yang berkembang di perkotaan lebih banyak dibandingkan di perdesaan (Sekretaris Kemenpora, 2010: 18).

Kesehatan yang baik sangat penting bagi manusia. Dengan memiliki kesehatan yang baik manusia akan mudah melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Semakin padatnya aktivitas yang dilakukan seseorang. Seseorang dapat mengabaikan masalah berolahraga. Tidak adanya waktu luang karena kesibukan dengan pekerjaan ataupun tugas yang harus diselesaikan. Hal ini dapat mengakibatkan seseorang tersita waktu kesempatan untuk berolahraga. Olahraga pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap manusia di dalam kehidupan, agar kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, manusia ingin berusaha menjaga kesehatannya dan salah satu cara agar kesehatan tetap terjaga dengan baik adalah melalui olahraga.

Ditengah pandemi Virus Covid-19 daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi Virus Covid-19. Olahraga teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Lantas jika ingin berolahraga di luar ruangan saat pandemi corona langkah apa saja yang harus dilakukan? Pakar Kedokteran Olahraga UGM, Zaenal menyampaikan jika ingin berolahrga di luar rumah pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan direkomendasikan tetap menjaga jarak aman. Selain itu tetap gunakan masker ketika berolahraga ( dalam, tirto.id ).



Daftar Pustaka :
VicHealth. (2010). Participation in Physical Activity. Australia: Victorian Health Promotion Foundation.
Sekretaris Kemenpora RI. (2010). Penyajian Data dan Informasi Statistik Keolahragaan Tahun 2010. Jakarta: Kemenpora RI.



10 comments:

  1. Artikelnya bagus dan sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Contoh olahraga yang dapat dilakukan di rumah itu apa saja ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik terima kasih atas pertanyaannya kak. Salah satu contohnya adalah lompat tali / biasa disebut dengan skipping

      Delete
  3. Artikelnya mudah di pahami, cocok untuk referensi membaca, semqngat kak

    ReplyDelete
  4. Olahraga memakai masker apakah efisien dalam kerja pernafasan saat olahraga, juga kesehatan pernafasan dan paru-paru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik kak terima kasih atas pertanyaannya. Olahraga memakai masker menurut saya kurang efisien dalam kerja pernapasan saat olahraga. Tetapi utk saat ini sangat di perlukan dan di himbau agar kita yg ingin berolahraga di luar menggunakan masker, agar meminimalisir dampak yang terjadi.

      Delete