30.4.20

Cara Bersosialisasi Ditengah Pandemi Corona

Mita Dwi Wijayanti (19.310.410.037)
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 
Dosen Pengampu: Arundhati Shinta


     Menurut Charlotter Buhler Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya. Namun, ditengah pandemi seperti ini kita pun dituntut untuk melakukan pembatasan sosial atau social distancing. Dilakukannya pembatasan sosial ini berguna untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran corona. Dan pada akhirnya, corona membuat sosialisasi tatap muka atau sosialisasi langsung menjadi menurun. Pada situasi seperti ini akan timbul rasa kesepian pada diri kita atau bahkan bisa membuat kita mengalami stres, karena pada dasarnya bersosialisasi adalah kebutuhan dasar manusia. Dengan melakukan sosialisasi dengan satu sama lain akan membuat seseorang menjadi bahagia bahkan tidak merasakan kesepian. Agar kita tetap bisa melakukan sosialisasi ditengah pandemi ini kita bisa mencoba beberapa hal diantaranya adalah:

1. Dengan Telepon atau Panggilan Suara

     Kemajuan teknologi yang semakin pesat mempermudahkan kita untuk melakukan sesuatu, diantaranya adalah dengan telepon atau melakukan panggilan suara. Kita bisa menghubungi keluarga, saudara, teman, atau bahkan pacar lewat panggilan suara. Dengan ini bisa memudahkan kita dalam melakukan sosialisasi walaupun mereka sedang jauh. Kita pun juga bisa menceritakan kegiatan-kegiatan kita atau yang lainnya.

2. Dengan Video Call
     Selanjutnya adalah dengan melakukan video call. Dengan video call kita bisa bertatap muka dengan teman, sahabat, pacar, keluarga, atau bahkan saudara, walaupun tidak secara langsung setidaknya video call bisa menghilangkan rasa rindu kita kepada mereka yang jauh. Saat ini video call pun tidak hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja, namun juga bisa dilakukan oleh beberapa orang sehingga kita bisa saling menghubungkan untuk melakukan perbincangan atau pun melakukan kegiatan bersama seperti menonton bareng hanya lewat video call

3. Bermain Game Online


     Game online merupakan permainan yang saat ini sangat digemari oleh kaum remaja, karena dengan adanya game online dianggap memudahkan para remaja agar bisa bermain bersama walaupun tidak bertemu secara langsung. Fitur suara yang ada dalam game online juga dapat mendambahkan kesan yang seru ketika bermain bersama. 

4. Media Sosial 

      Adanya media sosial juga memudahkankita untuk bisa melakukan interaksi dengan yang lainnya. Namun, kita pun juga harus bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak menimbulkan pertengkaran contohnya dengan memberikan komen yang baik kepada teman atau bahkan bisa untuk mengirimkan video atau gambar lucu kepada teman sebagai hiburan. 

5. Chating


     Banyak dari kita yang sering melakukan chating dengan mereka yang sedang berjauhan bahkan tidak jarang hampir setiap hari. Kita bisa menyapa keluarga, teman, saudara, ataupun pacar hanya lewat chating. Selain itu kita juga bisa bercerita bersama.
     Itulah beberapa contoh cara bersosialisi ditengah pandemi corona, agar kita juga bisa membantu pemerintah dan tenaga medis agar cepat memutus rantai penyebaran corona dengan tetap berada di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah. 


Referensi:
https://www.yuksinau.id/pengertian-sosialisasi-menurut-ahli/ (diakses pada 30 April 2020)

Sumber Gambar:
https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/06/13050941/cara-jaga-kesehatan-anak-sekolah-agar-bebas-virus-corona?page=all (diakses pada 30 April 2020)
http://id.gofreedownload.net/free-vector/vector-people/the-lady-answering-the-phone-223096/#.Xqrkq9-yQ0M (diakses pada 30 April 2020)
https://amp.kompas.com/tekno/read/2019/04/06/13090017/video-call-skype-kini-tampung-50-orang-dalam-satu-panggilan (diakses pada 30 April 2020)
https://images.app.goo.gl/wm381rLr8dmeVfuJ7 (diakses pada 30 April 2020)
https://www.kindpng.com/imgv/hmohh_vector-logo-sosial-media-png-clipart-png-download/ (diakses pada 30 April 2020)
https://amp.suara.com/tekno/2018/08/16/201500/5-tipe-orang-ini-sering-kamu-temui-di-grup-whatsapp (diakses pada 30 April 2020)

6 comments:

  1. Artikelnya bagus kak dan menarik karena disertai gambar sehingga pembaca tidak jenuh,dan ini juga sangat membantu dan dapat dicontoh semua orang.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bagus sangat cocok untuk dibaca dlm kondisi saat ini

    ReplyDelete