18.4.20

MASA KERJA VS MOTIVASI KERJA: LEBIH BAIK MANA?


Rika Rachamawati/19310410027
FakultasnPsikologi Universitas Proklamasi 45 yogyakarta
Dosen pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA.


Kinerja karyawan yang bagus tidak hanya dilihat dari hasil yang dikerjakan, namun dilihat dari proses menyelesaikan pekerjaannya. Faktor tidak langsung yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah lingkungan kerja yang baik, kenapa bisa lingkungan kerja yang baik ? karena jika karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kerja, hasil dari menyelesaikan pekerjaan mereka akan optimal serta mereka menjadi lebih baik jika bekerja dilingkungan yang baik. Kinerja karyawan merupakan hal yang bersifat individual, karena dalam mengerjakan tugas atau kewajiban karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
Perusahaan akan mencari atau merekrut karyawan yang berkompeten, memiliki kinerja yang baik serta memiliki sifat yang baik. Pengalaman juga menjadi faktor perusahan untuk merekrut karyawan baru. Karyawan baru akan dibimbing atau ditraining sebelum mulai bekerja, training yang dilakukan agar karyawan baru tentang system kerja dan bagaimana harus bertindak dalam bekerja, apalagi jika bekerja dengan kelompok. Training berfungsi untuk mengarahkan karyawan baru dan memberi motivasi agar karyawan baru lebih bersemangat dan lebih baik dalam berkerja. Motivasi yang diberiakan tidak hanya sekedar kata-kata motivasi tapi juga penghargaan bagi karyawan baru yang memiliki kinerja yang baik.


Karyawan baru dan lama ada yang saling bersaing tapi juga ada yang saling membantu dan mengarahkan. Dalam dunia kerja masih banyak yang mempertanyakan tentang karyawan baru lebih bagus kinerjanya dari pada karyawan lama dan kenapa bisa begitu, dalam rumor tersebut yang saya dapat dari narasumber yang sudah berkerja dan melakukan training pada atau karyawan baru. Karyawan baru akan lebih baik atau optimal dalam bekerja karena karyawan baru lebih semangat dan ingin menjadi karyawan tetap, sedangkan karyawan lama sudah memiliki pengalaman dan tau jalur atau system kerja yang sudah terjadi serta kondisi lingkungan yang ada. Karyawan baru juga memiliki ide menarik dan baru yang belum dimiliki perusahaan agar perusahaan menjadi lebih maju dan karyawan hanya berjibaku pada hal yang sama dengan hal yang dia lakukan sesuai atasan berikan pada karyawan lama.
Dalam memberi penilaian untuk karywan baru dan lama perusahaan  harus mempertimbangkan beberapa aspek dari karyawannya dan memberikan motivasi yang positif untuk meningkatkan kinerja karyawan pada masa mendatang. Adapun penilaian kinerja karyawan yang bagus, adalah :
1.     Memikirkan dengan baik dan matang sebelum bertemu dan berbicara dengan karyawan. Jangan membuat laporan terlebih dahulu sebelum menganalisa kinerja karyawan.
2.      Berikan kritik yang membangun dan jika ingin bersikap kritis, maka berikan pernyataan secara terinci, tanpa emosi, netral dan profesional. Berikan saran kepada karyawan untuk lebih baik lagi sesuai harapan perusahaan.
3.      Sebaiknya ikutilah perkembangan kinerja karyawan sebelumnya. Jika karyawan telah mengikuti saran yang diberikan pada penilaian kinerja sebelumnya, maka berilah pujian.
4.      Buatlah karyawan menyadari akan pengawasan dan juga evaluasi yang dilakukan terhadap kinerja mereka, sehingga dapat memberikan penegasan kepada karyawan.
Sekali lagi ingat, bahwa dalam penilaian kinerja karyawan yang bagus hindari konflik antara atasan dengan karyawan dan selalu ciptakan hubungan yang baik agar karyawan dapat mencurahkan permasalahan, aspirasi dan cita-cita mereka seputar pekerjaan. Hal itu yang akan membuat kinerja karywan akan mendapat nilai dan penghargaan sesuai dengan pencapain yang telah dia lakukan, karena perusahaan tidak hayna butuh hasil tapi juga karakter.

SUMBER
Djaja,Sutrisno; Suyadi,Bambang;Zahro ,Hana Maskhufatuz.(2018).PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN CURAHAN JAM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Home Industry Tas Pita Plastik Bapak Almunir di Desa Setail Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun 2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi.12(1):8-9.
Makarau, Sterly Eunike Massie,James; Uhing,Yantje .(2016).ANALISIS LINGKUNGAN KERJA DAN ORIENTASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DI PT. AGUNG UTARA SAKTI ANALYSIS OF WORK ENVIRONMENT AND WORK ORIENTATION TO THE IMPROVEMENT OF EMPLOYEES PERFORMANCE IN PT. AGUNG UTARA SAKTI. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.16(4):993-1001
Wijayanti,Annisa; Wimbarti,Supra.(2012).EVALUASI DAN PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA PADA PT HKS.Jurnal Psikologi Undip.11(2):1-11.
SUMBER GAMBAR
Primastika,Widia.( 2019).Bagaimana Cara Negosiasi Gaji dengan Perusahaan?.diakses pada tanggal 18 april 2020.https://tirto.id/bagaimana-cara-negosiasi-gaji-dengan-perusahaan-ecjS.

19 comments:

  1. Terimakasih Kak sebelumnya, konten yang diberikan cukup membantu dan menambah wawasan. Namun dalam beberapa paragraf yang disampaikan, mohon untuk diperbaiki ejaannya, sehingga informasi lebih mudah untuk dicerna oleh sebagian pembaca.
    Disamping itu, konten ini cukup bermanfaat berkaitan dengan hubungan yang perlu dibangun antara karyawan dan pemilik perusahaan. Sekian dari saya.

    ReplyDelete
  2. Tulisan yang sangat bermanfaat. Terkadang masa kerja suatu karyawan dianggap paling utama dalam sebuah penilaian. Dia yang lama maka dia yang kinerjanya bagus, tetapi hal itu sebenernya tidak berlaku pada semua karyawan. Mereka yang lama belum tentu kinerjanya bagus, sedangkan karyawan junior belum tentu kinerjanya buruk begitupun sebaliknya. Tolak ukur yang sesungguhnya adalah bagaimana motivasi kerja pada masing-masing individu. Lanjutkan menulis. Salam. Andi P.

    ReplyDelete
  3. Aertikelnya bagus, untuk menambah wawasan bagi orang yg belum tau hal ini.

    ReplyDelete
  4. Keren nih artikelnya, nambah wawasan

    ReplyDelete
  5. Sangat termotivasi oleh artikel ini

    ReplyDelete
  6. Artikel yang bagus dan menarik. Menurut penulis, training bagi karyawan baru sangat diperlukan. Tetapi, mengapa pengembangan skill atau training ulang bagi karyawan lama, sangat jarang dilakukan? Padahal secara umum dan sejujurnya, karyawan lama mungkin juga memerlukan hal yang sama. Karena setiap tahun, tentu alat-alat dan sistem kerja pasti berubah. Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Hallo kak Rika,,, artikelnya sudah bagus,,tulisan dirapikan dikit yaa kasih jarak okeh😉

    ReplyDelete
  8. Artikelnya menambah wawasan. Sedikit mengoreksi kak, untuk daftar pustaka yang diambil dari sumber tertentu sebaiknya di dalam isi bacaan artikel yg dibuat tetap diikut sertan pencantumannya.
    Sukses selalu. :)

    ReplyDelete
  9. Terima kasih kakak, artikel ini sedikit menambah wawasan saya tentang kinerja seorang karyawan

    ReplyDelete
  10. Terima kasih kakak, artikel ini sedikit menambah wawasan saya tentang kinerja seorang karyawan

    ReplyDelete
  11. Terimakasih kak Rika informasi nya, memang untuk training sangat dibutuhkan oleh karyawan baru ahlgar dapat lebih mengembangkan potensi, tapi untuk karyawan lama juga mungkin tetap butuh latihan kerja lagi agar tetap menambah skillnya.. semangat terus kak��

    ReplyDelete