5.7.24

Tugas : Esai Prestasi Membersihkan lingkungan kampus (Mushola kampus UP45)

  Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai Prestasi

Esai Prestasi : Membersihkan Mushola Kampus UP45

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


Amelia Natasya Rivani (23310410086)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Kampus bersih merupakan idaman bagi seluruh civitas akademika yang melakukan aktivitas. Kebersihan lingkungan kampus sangat berpengaruh terhadap seluruh kegiatan Tri Dharma dikampus, karena itu tanggung jawab kebersihan lingkungan kampus bukan hanya satu pihak saja, misalnya cleaning cervice. Tetapi kebersihan lingkungan kampus merupakan tanggung jawab seluruh civitas akademika yang setiap hari melakukan aktivitasnya. Dosen, pegawai dan mahasiswa juga harus terlibat dalam menciptakan kampus yang bersih dari segala kotoran, nyaman dan aman dari segala gangguan. Sebagai agen perubahan sosial, mahasiswa memiliki peran yang krusial dalam menjaga lingkungan kampus. Melalui pengetahuan, kreativitas dan semangatnya mahasiswa dapat memimpin gerakan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dengan menerapkan praktik-praktik ramah lingkungan, serta mendorong kebijakan dan programprogram yang mendukung keberlanjutan di kampus mereka. Dengan demikian, peran mahasiswa sangat penting dalam menjaga lingkungan berkelanjutan

Mahasiswa merupakan generasi muda yang memiliki peran terbesar dalam mengubah lingkungan. Mahasiswa dipandang sebagai agen perubahan dengan menciptakan perubahan dan menjadi panutan di komunitasnya. Kita harus mulai dengan nol sampah dan membuat orang lain melakukan hal-hal baik yang dapat berdampak pada negara lain. Kesadaran siswa akan tanggung jawabnya terhadap kebersihan lingkungan sangat penting dan siswa berperan sangat penting dalam kebersihan lingkungan. Menciptakan lingkungan kampus yang terjangkau juga membutuhkan kerjasama antara berbagai elemen kampus, yang meliputi: mahasiswa, dosen, karyawan, petugas kebersihan, dll. Terbentuknya elemen- elemen tersebut dapat menciptakan hubungan kampus yang harmonis dan lingkungan kampus yang bersih. Selain hubungan yang harmonis antar elemen kampus, fasilitas kampus juga dapat mempengaruhi terciptanya lingkungan kampus yang nyaman bagi mahasiswa untuk belajar mengajar.

Kami Himpunan Mahasiswa Psikologi atau HIMAPSI UP45 melaksanakan kegiatan bersih-bersih mushola dan lingkungan kampus pada tanggal 13 Juni 2024, pukul 15:00-17.30 WIB, mulai dari membersihkan halaman mushola hingga ruang dalam mushola. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih dikampus Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Dalam kegiatan ini saya membantu membersihkan lingkungan sekitar, seperti menyapu, melipat mukenah, mengelap kaca hingga mengepel lantai.

Melalui kegiatan ini, saya juga ingin mengajak seluruh warga kampus untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dengan bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan, kita tidak hanya meningkatkan kualitas hidup kita sendiri, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan alam bagi masa depan generasi yang akan datang. Sebagai seorang mahasiswa psikologi, saya menyadari bahwa kebersihan lingkungan tidak hanya berdampak pada fisik kita, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Lingkungan yang bersih dan teratur menciptakan suasana yang mendukung kesejahteraan dan prestasi akademik. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sebagai komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih baik dan memberikan contoh positif bagi masyarakat luas.

Lampiran




Referensi

Odang, H., Chatib, A., Messakh, J. J., & Harijono, H. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kebersihan Lingkungan Kampus. Jurnal Teknologi14(1), 16-24.

Reza, V., Inayah, A. U., & Rayyan, S. (2024). ANALISIS KUALITAS KEBERSIHAN DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DALAM MENJAGA LINGKUNGAN BERKELANJUTAN. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier8(6).

Yunita, S., Hasugian, P. M., Simanullang, T. L., & Nababan, L. (2023). Tanggung Jawab Mahasiswa terhadap Kebersihan Lingkungan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Journal on Education6(1), 6037-6043.


0 komentar:

Posting Komentar