6.7.24

Tugas : Esai 5 Partisipasi Lomba

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai Partisipasi Lomba

Esai Partisipasi Lomba : Lomba Menulis Puisi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


SITI RAFIDA (23310410088)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Mengikuti lomba merupakan suatu media belajar yang bisa meningkatkan kepribadian, proses imajinatif, kemampuan kreatif, dan inofatif. Tujuan dari mengikuti lomba, tidak lain adalah untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan skill (keterampilan). Saat ini ada banyak orang yang menguji keberuntungan hanya dengan berdiam diri atau hanya berdoa kepada tuhan namun tidak kunjung berusaha. Untuk itu saya mencoba mencari keberuntungan dengan cara ikut perlombaan menulis puisi. Lomba menulis puisi merupakan salah satu bentuk kompetisi yang tidak hanya mengasah kemampuan menulis, tetapi juga memberikan ruang bagi kreativitas untuk berkembang (Bakri, 2021). Menulis memiliki fungsi utama sebagai media komunikasi tidak langsung. Menulis juga membantu untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan menyusun pengalaman, hal ini dikarenakan menulis puisi membutuhkan imajinasi yang tinggi dan kemampuan dalam merangkai kata.

Saya mengikuti lomba menulis puisi dikarenakan diadakan secara gratis dan tanpa dipungut biaya apapun, dan saya rasa tidak salah untuk mengikuti kopetensi tersebut. Saya mengikuti 2 lomba menulis sekaligus, yang tentunya memiliki tema yang berbeda-beda yaitu, rindu dan tulus.  Puisi rindu di sini saya tunjukan kepada ayah, dimana anak perempuan harus dipisahkan dengan cinta pertamanya, kemudian puisi tulus saya tunjukan kepada kasih ibu yang dengan iklas merawat anak-anaknya. Puisi yang bertemakan tulus di selenggarakan oleh @alenia.pustaka dan puisi yang bertemakan rindu di selenggarakan oleh @lombaterbaru. Dari kedua puisi ini saya memang tidak mendapatkan juara tapi puisi yang bertemakan tulus, masuk dalam 100 penulis terbaik dari 1083 peserta dan saya berada pada urutan ke-19.

Mengikuti lomba menulis puisi memiliki banyak manfaat. Salah satunya mendorong kita untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan menulis. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh  Journal of Creative Writing Studies, kompetisi menulis dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan linguistik peserta (Johnson, 2020). Dengan mengikuti lomba, saya merasa kemampuan menulis saya semakin terasah dan saya lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri melalui tulisan. Selain itu juga, lomba menulis puisi memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik serta pengalaman. Umpan balik ini sangat berharga karena memberikan pandangan baru tentang karya kita dan membantu kita untuk melihat kelemahan yang mungkin tidak kita sadari. Selain itu, umpan balik juga memberikan motivasi untuk terus belajar dan berkembang. Kemudian lomba menulis puisi juga, membuka peluang untuk berjejaring dengan penulis lain. Melalui lomba ini, saya bertemu dengan banyak penulis berbakat yang memiliki visi dan gaya menulis yang berbeda.

Kesimpulan

Mengikuti lomba menulis puisi adalah pengalaman yang sangat berharga. Selain mengasah kemampuan menulis, lomba ini juga memberikan banyak manfaat lain seperti mendapatkan umpan balik konstruktif dan memperluas jaringan penulis. Berdasarkan pengalaman ini, saya sangat menganjurkan bagi siapa saja yang memiliki minat dalam menulis puisi untuk mencoba mengikuti lomba. Tidak hanya untuk mengejar kemenangan, tetapi juga untuk belajar dan berkembang sebagai penulis.

Lampiran 














Referensi

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing4(1), 39-46.

Johnson, L. (2020). The impact of writing competitions on cognitive and linguistic skills. Journal of Creative Writing Studies, 15(1), 89-102.

0 komentar:

Posting Komentar