9.7.24

Esai prestasi pengabdian masyarakat

 Mata kuliah : Psikologi Industri Dan Organisasi

Tugas : Esai prestasi 1 volunteer

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Menjadi mahasiswa merupakan bagian dari anggota masyarakat yang berada pada bangku pendidikan dengan memiliki tiga tanggung jawab yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat atau yang biasa disebut dengan tri dharma pada perguruan tinggi. Secara tidak langsung menjadi seorang mahasiswa bukan hanya sekedar datang lalu kuliah saja tetapi juga harus memiliki tanggung jawab secara intelektual, sosial, maupun moral.

Panti asuhan merupakan sebuah tempat yang memelihara anak-anak yatim dan piatu namun bukan hanya yatim piatu saja, panti asuhan juga terbuka untuk anak-anak yang terlantar (Rifai,2015). Panti Asuhan adalah organisasi nirlaba yang didirikan sebagai tempat penampungan anak yatim piatu. Peran panti asuhan sebagai tempat perlindungan dan pengasuhan anak yatim merupakan investasi berharga yang menentukan nasib dan masa depan anak yatim. Oleh karena itu, sistem pengelolaan anak yatim yang baik dan benar sangat berpengaruh terhadap nasib dan masa depan anak yatim. Kesejahteraan anak yatim tidak hanya diukur secara fisik, tetapi juga secara spiritual. Perawatan anak yatim yang baik dan benar adalah fokus kami tidak hanya untuk kesejahteraan fisik tetapi juga untuk kesejahteraan mental dan peningkatan pengetahuan (Tarigan, 2023).

Dilansir dari Kompas.com seperti yang telah kita ketahui bahwa badan perserikatan bangsa-bangsa untuk anak (UNICEF) telah mencatat hampir 153 juta anak yatim piatu diseluruh dunia. Sekitar 5,2% anak tersebut tinggal dipanti asuhan. Jumlah anak dipanti asuhan diperkirakan semakin bertambah setiap harinya dengan berbagai macam konflik. Bahkan indonesia termasuk ke dalam negara dengan jumlah anak yatim piatu yang cukup besar. Berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial terdapat 106.000 anak tinggal di 4.800 panti  asuhan yang tersebar di pulau jawa yaitu jawa barat dan jawa Tengah. Bahkan tak jarang anak yang hidup dalam panti asuhan alih-alih mendapatkan kehidupan yang layak justru malah sebaliknya. Banyak dari anak yang berada di panti asuhan justru menjadi korban pelecehan seksual, kekerasan fisik, hingga menjadi korban perdagangan anak. Panti asuhan yang seharusnya diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman ternyata menyebabkan anak-anak semakin menderita. Dari berbagai berita yang beredar, hal inilah yang membuat hati saya tergerak untuk mengikuti kegiatan sosial di panti asuhan. Paling tidak sedikitnya saya mampu memberikan pencerahan terhadap anak-anak dipanti tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang saya lakukan kali ini yaitu berupa kegiataan berbuka puasa bersama adik-adik panti asuhan ini di laksanakan panti asuhan putra islam yang berlokasi di giwangan, daerah Istimewa Yogyakarta pada hari minggu tanggal 31 maret 2024. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan dukungan secara sosial dengan penyesuaian diri remaja yang berada dipanti asuhan. Alasan utama saya menjadi volunter tentunya untuk meningkatkan jiwa sosial, meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain, melatih kerjasama dengan tim, dan memperluas relasi pertemanan. Peran saya dalam kegiatan ini adalah dengan membantu mengarahkan adik-adik panti dan mengambil dokumentasi. Sebelum menuju kegiatan utama yiatu berbuka puasa bersama, kegiatan diisi dengan mengadakan beberapa games seperti suit/suten jawa, membuat alat pembatas al-qur’an dan memberikan sedikit motivasi dengan adik-adik panti dilanjut dengan mengadakan solat berjamaah dan berbuka puasa bersama.

 

Disana saya mendapatkan banyak pengalaman baru tentang bagaimana kita sebagai manusia harus banyak bersyukur mengenai apa yang kita miliki saat ini karena masih banyak orang diluar sana yang kekurangan makan, tidak memiliki rumah, tidak memiliki orang tua, dan sebagainya. Harapan saya kegiatan sosial seperti ini bisa menjadi semakin meluas lagi diberbagai daerah agar mampu mencetak anak muda yang peduli akan lingkungan sekitar dan mau ikut serta menjadi bagian dari kegiatan swadaya Masyarakat.

 

Lampiran Kegiatan 







Referensi :

N Rifai, MA Kumaidi - 2015 - eprints.

Nafisah, S. J. (2018). Arti Kehidupan Anak Asuh Panti Asuhan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 33-41.

Tarigan, M. I., Sitompul, P., & Margery, E. (2023). Pembinaan Manajemen Pengelolaan Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(2).


0 komentar:

Posting Komentar