9.7.24

Esai partisipasi lomba

 

Mata kuliah : Psikologi Industri Dan Organisasi

Tugas : Esai 5 Partisipasi Lomba

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Perubahan bisa dialami oleh setiap individu dalam mengupgrade dirinya untuk mengalami perubahan dari segala aspek baik itu aspek fisik, sosial, maupun emosional. Perubahan diri dalam seseorang dapat terjadi karena beberapa factor yaitu factor motivasi, kondisi, ataupun respon suatu individu terhadap sebuah peristiwa. Selain itu, perubahan juga melibatkan berbagai proses yaitu kematangan, kemandirian, maupun pengenalan karir dimasa depan. Peningkatan kompetensi dan keterampilan yang terkait dengan pekerjaan atau karier, termasuk pengembangan kepemimpinan, keterampilan interpersonal, dan peningkatan produktivitas. Perubahan dalam kebiasaan hidup yang berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental, seperti dari sisi peningkatan aktivitas fisik, perubahan pola makan, atau manajemen stres. Hal Ini bisa melibatkan dari sisi peningkatan keterampilan komunikasi, empati, atau penyelesaian konflik yang kita alami sekarang. Pencarian makna dan nilai-nilai yang lebih tinggi dalam kehidupan, mungkin melalui praktik spiritual atau refleksi yang mendalam. Tujuan dari mengikuti kegiatan perlombaan dan kegiatan lainnya yaitu untuk meningkatkan soft skill dan hard skill suatu individu.

Soft skill adalah kemampuan tak terlihat yang diperlukan untuk sukses, misalnya kemampuan berkomunikasi, kejujuran, integritas, dan lain-lain (fauzan,2019). sedangkan hard skill adalah kemampuan yang dapat dipelajari di sekolah atau universitas yang memiliki tujuan meningkatkan kemampuan intelektual yang berhubungan dengan subyek yang dipelajari. Hard skill menggambarkan perilaku serta keterampilan yang dapat dilihat mata (eksplisit). Hard skill adalah skill yang bisa menghasilkan sesuatu yg sifatnya visible dan immediate. Kemampuan hard skill adalah semua hal yang berhubungan dengan pengayaan teori yang menjadi dasar pijakan analisis atau sebuah keputusan (Ratuela,2022). 

Yang telah saya lakukan terhadap proses perubahan diri saya kali ini yaitu dengan mengikuti berbagai perlombaan menulis puisi nasional, dan bersyukurnya saya mendapatkan sertifikat walaupun tidak selalu mendapatkan juara umum. Kegiatan ini perlombaan ini saya ikuti sejak tahun 2022 dan kembali saya mengikuti lagi pada tanggal 5 juni 2024. Justru dengan ini saya semakin terpacu lagi untuk memperdalam kepenulisan saya untuk berjuang terus demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal nantinya. Dengan mengikuti lomba puisi ini mampu mengajarkan saya untuk terus berkarya dengan melalui pikiran-pikiran yang saya tuangkan dalam sebuah tulisan sastra dan jadilah setiap untaian kalimat puisi yang indah. Alasannya saya gemar menulis puisi disebabkan karena aktivitas menulis puisi sering kali melibatkan refleksi diri dan introspeksi diri. Penulis dapat menggunakan puisi sebagai cara untuk memahami diri sendiri, merenungkan berbagai pertanyaan-pertanyaan secara filosofis, atau mengeksplorasi dari berbagai aspek setiap kehidupan yang dialami oleh para penulis. Bagi saya menulis bukan hanya sekedar merancang berbagai kata menjadi sebuah kalimat tetapi juga melibatkan emosional dalam diri saya sendiri bisa tervalidasi melalui berbagai tulisan yang saya terbitkan.








Referensi :

Fauzan, F. (2019). Pengaruh Soft Skill Dan Locus of Control Terhadap Kesiapan Fresh Graduate Dalam Era Industri 4.0 (Studi Pada Prodi Manajemen Unihaz Bengkulu). Creative Research Management Journal, 2(2), 1-10.

Ratuela, Y. R., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh hard skill, soft skill dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa akhir jurusan manajemen feb unsrat manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 172-183.


0 komentar:

Posting Komentar