9.7.24

Esai 5 : Partisipasi Lomba

                                            Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai Partisipasi Lomba

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


Amelia Natasya Rivani (23310410086)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah sebuah program yang rutin dilakukan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Realisasi PKM dimaksudkan agar nantinya bisa menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik dan / atau menjadi seorang profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi , kesenian serta memperkaya budaya yang telah ada.

Dalam Mengikuti PKM saya menjadi ketua dalam Tim saya yang terdiri dari 5 Mahasiswi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta angkatan 2021 dan 2023. Saya dan tim saya mengikuti lomba PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dengan tema "Keterlibatan Ayah Milenial pada Pengasuhan Remaja dalam Budaya Patriarki di Yogyakarta". Berikut adalah ringkasan dari beberapa tahapan yang kami lakukan: Tahap pertama yaitu Pembentukan Kelompok PKM: Kami membentuk kelompok yang terdiri dari anggota yang bertanggung jawab. Kelompok ini bertujuan untuk menyalurkan potensi yang dimiliki anggota dalam mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif. Tahap kedua Mencari Ide PKM dan Persetujuan Dosen Pembimbing: Kami mencari ide-ide yang relevan dengan tema PKM kami yaitu "Keterlibatan Ayah Milenial pada Pengasuhan Remaja dalam Budaya Patriarki di Yogyakarta". Dan mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing ibu Izzah Annisatur Rahma, M.Psi., Psikolog . Tahap ketiga Proses Bimbingan dengan Dosen Pembimbing: Kami melakukan proses bimbingan yang intensif dengan dosen pembimbing kami. Tahap keempat Submit Laporan Pengajuan PKM ke Fakultas: Setelah selesai mengembangkan ide-ide kami, kami menyusun laporan pengajuan PKM yang rinci dan mengirimkannya ke fakultas kami.

Selain itu saya juga mengikuti lomba menulis puisi dan menjadi penyair terpilih tingkat nasional yang diselengarakan oleh Lintang Indonesia dan Genta pada tahun 2024, Kreativitas dalam pembelajaran menulis puisi penting untuk disoroti. Kreativitas seorang penyair dalam menulis puisi akan tampak pada hasil karya tulisannya. Hal terpenting dari puisi adalah, para penyair bisa menekankan dan melampaui bidang estetika (Ariety, 1976:188). Tidak hanya estetika/keindahan saja yang diharapkan dari sebuah puisi, namun pesan dan makna yang dituliskan penyair tersebut bisa tersampaikan secara tepat pada pembaca. Penyair harus bisa menulis secara kreatif, agar bisa melampaui bidang estetika dan menyampaikan pesan kepada pembaca. Menulis puisi dengan memanfaatkan bakat kreatifnya, diharapkan puisi yang tercipta memiliki keunikan dan bisa penyampaian makna yang terkandung secara tepat. Dengan mengikuti lomba menulis puisi, saya belajar banyak tentang keterampilan penulisan, analisis, dan kreatif. 

Saya juga mengikuti lomba menulis Buku yang berjudul Bisikan Semesta dan menjadi Penulis Terbaik dalam perlombaan tersebut. Menulis adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu, terutama dalam era digital saat ini. Dengan meningkatkan minat menulis, kita dapat mengasah keterampilan berpikir kritis, mengembangkan kreativitas, dan meningkatkan kemampuan komunikasi. Selain itu, menulis juga dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir analitis dan membangun karakter mental yang kuat. Dengan menulis, kita dapat menyusun argumen yang logis dan mengembangkan ide-ide yang kreatif. Menulis juga dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir analitis karena kita harus menganalisis informasi yang kita terima dan menyusunnya menjadi sebuah tulisan yang logis.

Lampiran





Nurbaiti, D. (2019). Perkembangan Ebook dalam industri penerbitan buku fisik serta pertumbuhan minat menulis buku. IKRAITH-EKONOMIKA2(2), 11-20.

Pratiwi, Y. D., Maryaeni, M., & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Ramlan, P., & Nikmat, R. (2019). Pendekatan manajemen strategik dalam meningkatkan minat wirausaha mahasiswa melalui program kreativitas mahasiswa-kewirausahaan (PMK-K). Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 240-250.

0 komentar:

Posting Komentar