9.7.24

Esai Prestasi Pengabdian Masyarakat

 

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai  Prestasi

Kegiatan Buka Bersama Anak Panti Asuhan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 


Arti Muizzah Aisyawati (23310410038)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


    Pada Bulan Suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia mengamalkan puasa sebagai bagian dari ibadah mereka. Selama Bulan suci ini terdapat nilai-nilai toleransi serta pengorbanan yang menjadi inti dari ajaran agama Islam. Mahasiswa sebagai salah satu kelompok yang ikut berperan aktif dalam menjalankan nilai-nilai yang ada dan berkontribusi nyata dalam kesejahteraan umat tidak ketinggalan melakukan berbagai bentuk kegiatan pada Bulan Ramadan (Kartono et al. 2023). Salah satu bentuk kegiatan yaitu berbagi takjil di jalanan ataupun mengadakan buka bersama anak panti asuhan. Komunitas ataupun organisasi mahasiswa memiliki peran menjadi wadah pembentukan pengembangan karakter melalui kegiatan-kegiatannya. Sehingga dalam bulan Ramadan kelompok orang ataupun individu banyak melakukan kegiatan yang memiliki banyak manfaat di mana dalam kegiatan-kegiatannya akan mendorong para mahasiswa mendorong para mahasiswa untuk dapat terlibat aktif dalam menyejahterakan masyarakat dan juga meningkatkan kepedulian mahasiswa dengan lingkungannya.

    Pada Bulan Ramadan ini saya mengikuti kegiatan volunteer yang diadakan oleh salah satu komunitas yang ada di Yogyakarta. Kegiatan yang identik dilaksanakan pada Bulan Ramadan ini kerap kali banyak dilakukan oleh sekelompok orang atau pun individu untuk menumbuhkan nilai sosial dalam masyarakat. Ini adalah bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap sesama umat beragama. Komunitas yang ada di Yogyakarta memberikan kesempatan untuk dapat mengikuti kegiatan buka bersama anak panti asuhan pada 31 Maret 2024. Dalam kegiatan ini saya sebagai volunteer terjun langsung berinteraksi dengan anak-anak panti asuhan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan yang dilakukan seperti membuat kerajinan, bermain games, serta mendengarkan cerita. Sehingga dalam kegiatan ini bukan hanya buka bersama juga melainkan berbagai kegiatan yang dirancang untuk menghibur serta mengisi waktu sebelum berbuka puasa. Membuat kerajinan pembatas Al-Quran menjadi suatu kegiatan yang meningkatkan kreativitas tiap kelompok dalam mengkreasikan hasil karya yang dibuatnya. Persiapan yang dilakukan sebelum acara berlangsung ialah menyiapkan snack-snack yang dibungkus rapi dalam dus dengan nuansa Ramadan. Selain itu kami juga membahas kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan untuk mengisi acara buka bersama di panti asuhan ini.

    Tantangan yang saya dihadapi dalam mengikuti kegiatan ini adalah jarak antara tempat tinggal dengan kegiatan berlangsungnya acara cukup memakan waktu yang mana saya dan teman saya menggunakan google maps yang memandu kita hingga ke tempat acara. Karena kurang paham titik lokasinya kami sampai di tempat acara lebih lama dibandingkan waktu awalnya. Tetapi, sesampai di tempat pelaksanaan kegiatan ternyata ada kendala dari pihak panti juga yang membuat acara sedikit lebih mundur dari yang dijadwalkan. Dalam hal buka bersama ini saya merasa senang karena bisa berbagi bersama dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak. Dalam kegiatan ini saya juga belajar untuk lebih bersyukur atas apa yang kita miliki.

 

Lampiran Kegiatan:











Referensi: 

Kartono, A. V et al. (2023). Signifikansi Berbagi sebagai Perilaku Altruistik: “ Peran Mahasiswa Selama Bulan Ramadhan”. Jurnal Pengabdian Universitas Catur Insan Cendekia, 2(1), 1-6.

 

0 komentar:

Posting Komentar