9.7.24

Esai 5 - Partisipasi Lomba

 

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai 5 Partisipasi Lomba

Partisipasi Lomba

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 


Arti Muizzah Aisyawati (23310410038)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

    Menurut Herman J. Waluyo dalam Pitaloka & Sundari (2020)  puisi adalah suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan si penyair dengan cara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya. Pada 18-31 Maret 2024 saya mengikuti lomba menulis puisi dengan tema Hujan dan Rindu yang diadakan Nebulapublisher. Lomba menulis puisi sendiri menjadi kesempatan luar biasa untuk bisa berbagi karya dengan dunia. Tantangan yang saya hadapi dalam menulis puisi adalah bagaimana setiap kata yang saya tulis bisa memiliki makna dan setiap baitnya mengandung kekuatan untuk menyentuh hati pembaca. Menulis puisi bukan hal yang mudah bagi saya terlebih lagi saya benar-benar baru mencoba. Dalam lomba kali ini saya merasa kemampuan saya dalam menulis puisi masih kurang sehingga beberapa kali saya bertanya pada teman yang lebih sering menulis puisi mengenai puisi yang saya tulis. Pada perlombaan menulis puisi dengan tema Hujan dan Rindu saya belum mendapatkan juara. Kegagalan ini justru menjadi motivasi buat saya untuk terus mencoba lagi. Menurut Anam, 2020 motivasi diri yaitu menggunakan hasrat terdalam dalam diri untuk menggerakkan dan menuntun manusia menuju sasaran, membantu mengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif serta bertahan menghadapi kegagalan dan frustrasi.

    Dalam menghadapi situasi seperti kegagalan sangat diperlukan konsep diri yang baik. Konsep diri sendiri merupakan ide, pemikiran, kepercayaan, dan pendirian yang diketahui individu dalam berhubungan dengan orang lain (Sholiha & Aulia, 2020). Konsep diri berperan penting dalam menumbuhkan self confident. Di mana seseorang yang memiliki rasa percaya diri membutuhkan konsep diri yang positif. Konsep diri ini gambaran yang dipegang seseorang menyangkut dirinya sehingga jika individu sudah mengenal dirinya juga dapat menerima kekurangan, kelebihan yang dimilikinya maka individu tersebut akan memiliki rasa percaya diri yang baik. Sehingga kegagalan yang dialami tidak dianggap sebagai akhir segalanya. Namun, dijadikan sebagai pembelajaran berharga untuk melangkah ke depannya.

    Pada lomba menulis puisi yang kedua kalinya tulisan saya berhasil masuk dalam 100 karya terbaik dan dibukukan. Lomba puisi yang diadakan pada 5-18 Juni 2024 dengan tema cinta. Dalam lomba kali ini saya mencoba mencari referensi lebih banyak untuk mendapatkan ide dalam menulis puisi juga mencoba mempelajari banyak diksi baru yang bisa dimasukkan dalam puisi. Dalam hal ini penyesuaian diri menjadi kunci dalam pengembangan diri, kemampuan individu untuk beradaptasi dengan perubahan, menangani tantangan, dan berkembang melalui pengalaman dalam mencapai pertumbuhan pribadi yang signifikan. Dengan hal ini individu menjadi fleksibel dan terbuka terhadap perubahan sehingga dapat menghadapi berbagai situasi dengan lebih baik ( Sitorus, 2024). Penyesuaian diri yang baik menjadi pendorong untuk suatu individu bisa menjadi lebih baik. Saya kembali mengikuti lomba menulis puisi dan menempati posisi 49 dalam daftar 150 karya terbaik dalam puisi tema harapan. Setelah mencoba menulis puisi saya beralih mencoba menulis cerita mini atau yang biasa disebut sebagai “cermin” dengan tema kisah di balik senyuman. Pada lomba menulis cerita mini ini terdapat aturan minimal 300 kata dan maksimal 500 kata sehingga ini menjadi salah satu tantangan yang cukup sulit dalam menulis sebuah cerita. Lomba ini diselenggarakan pada bulan Juni dan diumumkan pada 16 Juli.

Lampiran Kegiatan:













     



 

 

Referensi

Anam, W. K. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam2(1), 094-108.

Pitaloka, A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Medan: Guepedia.

Sholiha, S., & Aulia, L. A. A. (2020). Hubungan self concept dan self confidence. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan7(1), 41-55.

Sitorus, I. M. S. (2024). PSIKOLOGI PENGEMBANGAN DIRI MENINGKATKAN POTENSI DAN KUALITAS HIDUP. Circle Archive, 1(4), 1-14.

 

0 komentar:

Posting Komentar