9.7.24

Esai Prestasi Pengabdian Masyarakat : Kontribusi Himpunan Mahasiswa Psikologi dalam Kegiatan Kemasyarakatan di Bulan Puasa

 Mata kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai Prestasi

Esai Prestasi : Kontribusi Kegiatan di Bulan Puasa di Panti Asuhan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


Amelia Natasya Rivani (23310410086)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Bulan puasa merupakan salah satu bulan yang penuh dengan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaatan seseorang terhadap ajaran agama. Selama bulan puasa, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari terbitnya matahari hingga terbenamnya, kecuali bagi mereka yang memiliki alasan yang sah untuk tidak berpuasa. Berpuasa bukan hanya sekadar tidak makan dan minum, tetapi juga berarti mengendalikan nafsu dan menghentikan segala perbuatan yang tidak bermanfaat. Salah satu kegiatan yang saya dan mahasiswa lainnya adalah melakukan kajian dan berbagi di Panti Asuhan Al Islam, kec. Depok, kab. Sleman, Yogyakarta . Kajian ini mencakup penyampaian materi keagamaan oleh penceramah untuk meningkatkan pengetahuan dan spiritualitas anak-anak panti. Sementara itu, berbagi melibatkan pembagian sembako. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang berbagi, tetapi juga mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat sekitar serta para anak-anak panti asuhan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2024, Pukul 16:00 – 19:00 WIB. Acara dimulai dengan Doa dan sambutan dari ketua himapsi kami. Setelah itu, kami mengundang seorang penceramah muda untuk memberikan ceramah singkat tentang pentingnya berbagi dan keutamaan bersedekah di bulan puasa dan memberikan sesi tanya jawab yang dimana terdapat hadiah bagi yang menjawab dengan benar. selanjutnya kami melaksanakan buka puasa bersama, dan melaksanakan Sholat magrib berjamaah. Acara selanjutnya yaitu pembagian sembako kepada pihak panti asuhan dan penutupan acara.

Kegiatan berbagi di bulan Ramadan dapat mengajarkan kita beberapa nilai yang penting untuk dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagi di bulan Ramadan bukan hanya sekadar memberikan sesuatu kepada orang lain, tetapi juga merupakan cara untuk menghargai dan mengucap syukur atas berbagai keberkahan yang diberikan Allah SWT. Kegiatan berbagi kepada panti asuhan merupakan bentuk kontribusi sosial yang sangat penting bagi mahasiswa. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak di panti asuhan, baik dalam meningkatkan motivasi hidup, perilaku hidup bersih, kemandirian, rasa kasih dan solidaritas, maupun ketaatan terhadap ajaran agama. Semua kegiatan ini dapat membantu anak-anak di panti asuhan untuk menjadi lebih baik dan lebih beriman.

Lampiran

0 komentar:

Posting Komentar