10.7.24

Esai 5 (David) : Partisipasi Lomba

 Tugas Esai 5 : Partisipasi Lomba

Jumlah : 2 Lomba

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA


David A. Laurent (23310410017)

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


    Secara umum, Lomba merupakan hubungan antara dua individu atau lebih yang bersaing untuk mendapatkan sesuatu. Lomba juga diartikan suatu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan /prestasi dalam bentuk perlawanan tidak langsung tetapi searah.

Dalam dunia perkuliahan, lomba sangat penting bagi mahasiswa karena memberikan banyak manfaat signifikan, yaitu mengembangkan kemampuan, keterampilan, potensi diri, menambah relasi, ilmu, wawasan, menambah portofolio, menambah pengalaman, meningkatkan rasa percaya diri, serta berguna dalam karir.

Sebagai seorang mahasiswa, saya turut berpartisipasi dalam berbagai perlombaan demi mendapat manfaat terbaik tersebut.

Yang pertama yaitu Lomba Program Kreativitas Mahasiswa,

Lomba tersebut diadakan oleh Kemendikbudristek dan internal bagian Kemahasiswaan Universitas Proklamasi 45 pada sekitar bulan Februari – Maret 2024. Pada awalnya, saya membaca info tersebut pada laman instagram Kemahasiswaan dan tertarik dengan lomba tersebut. Selang beberapa hari kemudian, secara kebetulan kakak tingkat mengajak saya untuk mengikuti lomba tersebut dan kami membentuk tim yang terdiri dari 5 orang. Pada hari berikutnya, kami langsung bertemu untuk menentukan dosen pembimbing sekaligus menentukan program yang akan di usung.

Dalam seminggu kedepan, kami disibukkan dengan kegiatan perizinan dengan mitra progam dan membuat proposal yang akan diajukan ke Kemendikbudristek dan internal Universitas. Tiba di hari deadline, kami memastikan semua aman dan mengirimkan proposal. Sebulan lebih yaitu tanggal 18 April 2024, kemawa mengumumkan bahwa kelompok PKM kami juara 1 di internal Universitas dan pada tanggal 19 April 2024 mendapat pengumuman dari Kemendikbudristek bahwa proposal kami tidak lolos pendanaan.

Pada hari Rabu tanggal 24 April 2024 yang bertepatan dengan acara Wisuda Universitas 45, kami di sebut mahasiswa berprestasi diundang ke depan dan hanya perwakilan ketua tim  untuk penyerahan sertifikat penghargaan kejuaraan Program Kreativitas Mahasiswa.

Judul PKM : Tembang Macapat Maskumambang : Strategi Peningkatan Literasi Bahasa Jawa Pada Siswa Sekolah Swasta SD Muhammadiyah Ngupasan II

Jenis PKM : PKM-PM (Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian kepada Masyarakat)

Anggota : David, Alfiantika, Bella, Meylita, Rahayu

Dosen Pembimbing : Ibu Femmy Lekahena, M.Psi., Psikolog

 

Yang kedua yaitu Lomba Sastra Cipta Puisi,

Lomba tersebut diadakan oleh UKM Pencinta Karya Sastra Universitas Negeri Semarang pada bulan April – Mei 2024. Pada mulanya, saya mendapat info tersebut dari laman Instagram info lomba dan tertarik mengikuti lomba tersebut dan FYI lomba tersebut dilaksanakan secara online. Pada hari tersebut, saya membaca semua ketentuan lomba tersebut dan mulai pengerjaan menciptakan puisi. Lima  hari kemudian puisi ciptaan saya selesai dan langsung dikirim ke link pengumpulan karya. Selang beberapa minggu, pada tanggal 12 Mei 2024 mendapat pengumuman dari laman Instagram UKM Pecinta Karya Sastra Universitas Negeri Semarang terkait pemenang lomba sastra dan saya tidak lolos dalam penjuaraan tersebut.

Kesimpulan, kegiatan lomba tersebut memberi banyak manfaat positif terhadap diri saya, diantaranya melatih potensi dan mengembangkan kemampuan.

Lampiran Gambar Lomba PKM :














Lampiran Gambar Lomba Sastra Cipta Puisi :









0 komentar:

Posting Komentar