10.7.24

Esai Prestasi (David) : Pengabdian kepada Masyarakat

 Esai Prestasi (Pengabdian kepada Masyarakat) : Toleransi di Hari Raya Idul Adha 2024

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA



David A. Laurent (23310410017)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


TOLERANSI DI HARI RAYA IDUL ADHA 2024

    Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya dari umat muslim yang biasanya juga disebut dengan istilah lebaran haji. Perayaan tersebut identik dengan prosesi penyembelihan hewan kurban bagi umat muslim yang mampu menunaikannya.

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), perintah berkurban saat Idul Adha bagi umat muslim yang mampu bermula dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya yaitu Nabi Ismail untuk menunaikan perintah dari Allah. Saat Ismail mulai beranjak remaja, Nabi Ibrahim diceritakan sempat bermimpi mengorbankan putra kesayangannya itu dengan cara disembelih. Nabi Ibrahim sempat bingung menyikapi mimpinya tersebut, namun, iya tidak lantas mengingkari mimpinya itu. Nabi Ibrahim justru memilih merenung mengenai mimpi tersebut dengan memohon petunjuk Allah. Setelah mimpi yang ketiga, barulah Nabi Ibrahim meyakini bahwa mimpi itu merupakan perintah dari Allah dan harus dilakukan.

Pada Hari raya Idul Adha pada hari Senin 17 Juni tahun 2024, sebagai masyarakat yang baik saling menghargai, membantu, dan toleransi, saya berpartisipasi dalam kegiatan hari raya tersebut. Prosesi hari ini di awal dengan sholat Ied, masyarakat muslim menunaikannya dan masyarakat non muslim membantu menyiapkan peralatan untuk prosesi penyembelihan nanti. Kurang lebih 30 menit setelah masyarakat muslim beribadah sholat Ied, kami berkumpul di halaman samping masjid untuk prosesi penyembelihan hewan kurban dengan 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing, prosesi penyembelihan tersebut dilakukan oleh bapak-bapak yang sudah profesional. Setelah prosesi penyembelihan, giliran pemuda yang bekerja, para pemuda dibagi menjadi 2 tim yaitu tim 1 memotong daging bersama beberapa bapak-bapak serta ibu-ibu dan tim 2 mencuci jeroan di sungai. Saya termasuk di tim 1, memotong daging dengan hati-hati dan harus hasil yang rapi sembari mengobrol asik  dengan teman-teman. Setelah melalui berbagai prosesi, daging siap untuk diantar ke rumah warga.

Kesimpulan, hal yang ingin saya tonjolkan dari kisah tersebut adalah toleransi. Meskipun hari raya Idul Adha merupakan hari raya umat muslim, umat non muslim juga berpartisipasi di hari raya tersebut demi untuk hidup bermasyarakat yang rukun, saling menghargai dan membantu. Serta, begitu juga sebaliknya, umat muslim menghargai, bertoleransi kepada umat non muslim.

Lampiran gambar kegiatan :




0 komentar:

Posting Komentar