10.7.24

Esai 5 – Partisipasi Lomba

 

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai 5 – Partisipasi Lomba

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A.

Liyana Nofiasari (23310410049)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dalam menghadapi zaman yang semakin maju, mahasiswa didorong untuk memiliki kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif. Berpartisipasi dalam lomba merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemampunan dan mengasah bakat seorang mahasiswa. Salah satunya yaitu lomba menulis yang mana banyak sekali manfaat yang akan didapatkan. Menulis dapat membangun banyak kemampuan, beberapa diantaranya yaitu kemampuan komunikasi, kemampuan analisis, kemampuan kreativitas, dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut, saya berpartisipasi dalam lomba menulis puisi yang mana perlombaan ini menjadi wadah bagi saya untuk mengasah keterampilan dalam menulis.

Menulis puisi memberi ruang untuk mengekspresikan kreativitas sastra dan menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan dan renungan dalam bentuk tulisan. Menurut Kartini, dkk. (2022) menulis puisi dapat mengembangkan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, menulis puisi bagi mahasiswa juga bermanfaat untuk memberikan rasa ketenangan dalam jiwa dan pikiran, serta kepuasan emosi karena dapat menuangkan ide dan emosi dalam bentuk tulisan, menambah kosa kata baru, dan dapat membantu berkomunikasi dengan santun. Oleh karena itu, saya tertarik untuk berpartisipasi dalam lomba menulis puisi tingkat nasional. Yang pertama, saya mengikuti lomba puisi yang diselenggarakan oleh Sastramedia Pustaka bertema “Ramadan” dengan judul puisi “Bulan Suci” yang diadakan pada tanggal 18 Maret 2024 – 31 Maret 2024. Yang kedua saya mengikuti lomba puisi yang diselenggarakan oleh Kinanthi Educa bertema “Tuhan” dengan judul puisi “Bersujud” yang diadakan pada tanggal 19 Maret 2024 – 1 April 2024.






Suatu tantangan yang seru dan menarik serta pengalaman baru bagi saya dengan mengikuti lomba-lomba tersebut karena saya diharuskan untuk menuangkan ide-ide kreatif saya dalam sebuah tulisan sastra. Sesuai dengan pernyataan Ristiani (2020) bahwa daya nalar serta kemampuan berpikir mahasiswa terdorong untuk menjadi lebih menghargai dalam memberikan gagasan dalam menghadapi suatu peristiwa, yang mana dengan latihan kreativitas verbal, kemauan dan kemampuan mahasiswa menjadi terlatih dan terbawa perasaan senang untuk berkarya menulis puisi. Sebelum mengikuti lomba-lomba tersebut, ada beberapa hal yang saya persiapkan. Saya melakukan analisis dengan membaca berbagai macam karya puisi untuk mengetahui bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar serta menemukan ide-ide yang menarik. Selain itu, saya juga mencari tau arti-arti dari kosa kata yang tidak pernah saya dengar sebelumnya agar saya dapat menggunakan diksi yang tepat dalam menulis puisi yang akan saya lombakan. Walaupun pada akhirnya saat pengumuman pada bulan April 2024 saya tidak mendapatkan juara dalam lomba-lomba ini, tetapi dengan melakukan lomba-lomba tersebut saya mendapatkan wawasan baru dan membantu saya dalam membangun diri sebagai individu yang lebih kreatif dalam menuangkan ide dan gagasan dalam menulis.

 

Daftar Pustaka

Kartini, A., dkk. (2022). Kajian Psikologi Pembelajaran Menulis Puisi dalam Perspektif Mahasiswa. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 7(2). 75-80.

Ristiani, I. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Menulis Puisi Melalui Teknik Satu Peristiwa Satu Karya. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 3(1). 1-7.

0 komentar:

Posting Komentar