10.7.24

Esai Prestasi

 

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A.

Esai Prestasi

Liyana Nofiasari (23310410049)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Mengikuti lomba puisi merupakan wadah yang tepat bagi individu yang ingin menggali bakat sastra dengan mengekspresikan diri yang kemudian dituangkan dalam sebuah karya tulis. Menurut Wicaksono & Tabrani (2020), menulis puisi merupakan aktivitas untuk menuangkan gagasan dan menciptakan imajinasi berdasarkan perasaan dan pikiran. Menulis puisi dapat meningkatkan keterampilan menulis, keterampilan membaca, kecakapan dalam komunikasi, serta berpikir kreatif. Selain itu, kreativitas menulis puisi menurut Ristiani (2020) merupakan cara untuk mengembangkan talenta, mempelajari ide-ide dan gagasan baru, mengoptimalkan kemampuan, dan mengelaborasi kepekaan terhadap masalah-masalah lingkungan dan kemanusiaan. Itu artinya banyak sekali manfaat positif yang akan didapatkan dari menulis puisi.

Dengan mengikuti lomba puisi, dapat menjadi salah satu sarana yang efektif untuk mengembangkan kemampuan diri dan kepercayaan diri sehingga berpeluang besar untuk menggali bakat-bakat individu yang kreatif dan ingin terjun mendalami dunia sastra. Oleh karena itu, saya ingin menggali potensi diri dalam menulis dan menantang diri saya dengan ikut berpartisipasi dalam lomba puisi tingkat nasional yang diadakan oleh Sastramedia Pustaka yang bertema “Ramadan” pada tanggal 18 Maret 2024 – 31 Maret 2024 dan pengumumannya dilakukan pada tanggal 3 April 2024 dengan judul puisi “Bulan Suci”.

Dalam proses pembuatan puisi untuk lomba ini tentu saja ada tantangan tersendiri bagi saya. Saya diharuskan untuk perbanyak membaca dan memahami puisi karya orang lain untuk menumbuhkan ide dan kreativitas saya. Sesuai dengan apa yang disampaikan Ristiani (2020), bahwa kita dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif, dan daya pikir yang kritis, serta mampu berkomunikasi. Pada kesempatan yang berharga ini, saya berhasil menjadi salah satu “Penulis Terbaik” yang karyanya di cetak dan dibukukan oleh Sastramedia Pustaka dengan judul buku “Dalam Doaku”. Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya karena usaha saya kali ini membuahkan hasil yang baik dan bagus. Pengalaman berharga ini menjadi salah satu bahan bakar saya untuk terus maju dan mengasah potensi, serta terus belajar untuk menciptakan karya-karya lain yang bermanfaat untuk pembaca.



Daftar Pustaka

Ristiani, I. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Menulis Puisi Melalui Teknik Satu Peristiwa Satu Karya. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(1). 1-7.

Wicaksono, H., & Tabrani., A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Pembelajaran Telisik (Tentukan, Analisis, Tampilkan). Attractive : Innovative Education Journal, 2(2). 116-124.

 

0 komentar:

Posting Komentar