10.7.24

Tugas Esai 5 - Partisipasi Lomba

 TUGAS ESAI 5

PARTISIPASI LOMBA

MATA KULIAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI







Nama : Gladys Melisande Renata 

Nim : 23310410015

Kelas : Reguler 23

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA



PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 

TAHUN 2024




Seni merupakan salahsatu bagian yang tak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Seni hadir untuk memberi keindahan dalam berbagai segi kehidupan. Sejalan dengan pendapat 

Ki Hajar Dewantara selaku tokoh pendidikan nasional, beliau menuturkan bahwa seni merupakan suatu ungkapan perasaan manusia yang memiliki keindahan dan dapat memengaruhi perasaan manusia lainnya. Sementara Read mendefinisikan seni sebagai hasil karya cipta yang menyenangkan. Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa seni bersifat indah dan menyenangkan serta dapat memengaruhi manusia lain.


Seni tidak lepas dari persoalan rasa. Bahkan, seni dapat mengubah perasaan manusia yang sebelumnya sedih menjadi gembira. Sehingga kehadiran seni dapat mengubah kehidupan menjadi lebih berwarna. Tanpa adanya seni, kehidupan akan terasa hambar. Demikian seni begitu memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Seni memiliki khas yang dan budayanya yang berciri khas. Disini saya pandai di bidang seni tari. Seni tari itu sendiri ada beberapa ciri yaitu tari tradisional, tari modern, tari klasik dan lain sebagainya. 


Saya lebih ke tari modern atau bisa di bilang dance. Pada tanggal 18 Mei 2024, saya dan tim dance saya berpartisipasi mengikuti lomba KPop dance. Kenapa saya dan tim saya ingin mengikuti lomba tersebut dikarenakan saya dan tim saya ingin lebih maju dan mencari dan menambah pengalaman. Saya suka dance dari kelas 3 sd dan saya mengembangkan nya sampai sekarang. Kebetulan juga keluarga saya bisa dibilang keluarga darah seni, karena bapak saya seni juga tapi seni musik dan kakak saya juga ada di seni musik. Kalau ibu saya sendiri menyukai seni juga. Jadi dalam keluarga saya didukung sekali diseni tari dance ini. 


Rasa saya waktu dance itu sangat berbeda. Saya kebiasaan mengeluarkan rasa kesal saya sedih saya ataupun bahagia di dalam dance. Dance ini bisa mewarnai hidup saya, dan menemani saya dari kecil sampai sekarang. Hambatan untuk diri saya sendiri sih lebih ke mengatur jadwal karena saya juga udah mahasiswa mempunyai kewajiban untuk kuliah dan pasti ada hal yang harus dikerjakan diluar kampus. Kalau dibilang capek tapi capek nya itu enjoy karena ini hal yang saya suka. Untuk saya yang saya dapatkan dari dance ini adalah bebas berekspresi dan bisa lebih percaya diri.


Hambatan dalam tim sendiri itu dari mengatur jadwal latihan karena perbedaan kesibukan dan jadwal nya beda. Dan kita juga kesusahan dalam menyamakan hal-hal kecil gerakan koreografi dance nya, dan sulit untuk menyamakan atau membangun rasa dalam tim sendiri. Tetapi tim saya memiliki tujuan yang sama jadi tidak terlalu sulit untuk membangun rasa nyaman aman dalam tim. Suka nya memiliki tim sendiri itu kita bisa bertukar pikiran juga, tim dance itu tidak sekedar untuk teman dance saja tetapi bisa juga yang lain nya. Ada keluarga baru dalam kehidupan kita. 


Tim saya memutuskan mengikuti lomba tanggal 18 Mei 2024 dan mengikuti lomba tanggal 6 Juli 2024, mempersiapkan nya dengan baik. Persiapkan semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik. Walau ternyata tim saya tidak mendapatkan juara tetapi kita tetap senang karena pasti di lomba ada yang menang dan kalah. Saya dan tim saya sudah memberikan yang terbaik waktu tampil. Dan mendapatkan pengalaman yang begitu berharga. Disini saya dan tim saya dapat pembelajaran yang sangat berharga, dan bisa lebih percaya diri lagi untuk tampil dengan gaya kita sendiri. 


Lampiran 






Daftar pustaka 

Fatmah Hafasari, Julia, Cucun Sunaengsih, (2017). Prestasi Seni Tari SDN Tanjungsari 1 Kecamatan Tanjungsari, Jurnal Pena Ilmiah, Vol: 2


0 komentar:

Posting Komentar