10.7.24

Esai Prestasi

 TUGAS ESAI PRESTASI

MATA KULIAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI






Nama : Gladys Melisande Renata 

Nim : 23310410015

Kelas : Reguler 23

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA



PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 

TAHUN 2024



Mahasiswa yang mengikuti kegiatan kepanitiaan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibanding mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan kepanitiaan. Mengingat sulitnya tantangan yang mahasiswa hadapi dalam perkuliahan dan kepanitiaan, mahasiswa perlu mengerahkan usaha terus menerus dan fokus dengan tujuannya yaitu menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Pendidikan memiliki peran yang besar dalam pengembangan kualitas dan potensi manusia. Mengikuti dalam kepanitiaan juga merupakan prestasi yang kita dapatkan. Dan mengikuti kepanitiaan itu tidak harus memiliki potensi yang menonjol. Di dalam kepanitiaan ini kita bisa melatih jiwa kepemimpinan kita dan bisa meningkatkan kepercayaan diri kita. 


Pada tanggal 23 Juni 2024 saya mengikuti kepanitiaan dalam gereja saya. Gereja saya mengadakan acara ulang tahun gereja. Dalam kepanitiaan ini saya mendapatkan hal yang membuat saya terpukau dan belajar hal baru. Di sini saya menjadi kepanitiaan koordinator dance. Awal nya saya ragu untuk mengikuti kepanitiaan ini, tetapi saya dapat dorongan dari teman gereja saya dan orang tua saya untuk mengikuti kepanitiaan. Saya ragu karena saya ragu dengan diri sendiri, saya tidak ada kemampuan dalam berkoordinasi dan ngobrol didepan banyak orang. Tetapi akhirnya setelah diyakin kan oleh teman dan orang tua saya, saya mengikuti kepanitiaan tersebut.


Hambatan saya dalam mengikuti kepanitiaan adalah melawan rasa ragu dan rasa takut saya. Sulit untuk mengatur dan mengkoordinasikan banyak orang, karena setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Sulit untuk mencari koreografi atau gerakan dance juga karena disini kita tidak memakai pelatih jadi berlatih sendiri. Menyamakan gerakan juga sulit, membangun chemistry satu sama lain. Ada juga yang bikin kesal tetapi itu hal biasa dalam kepanitiaan harus dimaklumi. Didalam kepanitiaan ini saya juga mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga bagi saya. Saya bisa lebih percaya diri dan mengembangkan jiwa kepemimpinan saya. Dan saya bisa menambah relasi dan mempunyai kenalan lagi. Dalam kepanitiaan ini merasa capek tetapi ternyata seru juga bisa berbaur dengan panitia-panitia yang lain dan mempersiapkan acara bareng-bareng. Yang terpenting saya memberikan yang terbaik untuk acara tersebut dan bisa membahagiakan semua orang yang terlibat dan yang mengikuti ibadah ulang tahun tersebut. 


Waktu acara berlangsung pun kepanitiaan dan saya memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Walau ada beberapa yang terjadi kesalahan teknis tapi tidak apa-apa, masih bisa ditangani. Saya pun tegang waktu acara berlangsung, tetapi saya dan teman dari dancer bisa memberikan semaksimal dan terbaik juga. Walau ada yang salah gerakan tapi gapapa itu wajar bisa di perbaiki di selanjutnya. Saya senang bergabung dalam tim dancer dan kepanitiaan ini, saya bisa menambah wawasan yang lebih. Orang tua saya juga bangga kepada saya karena bisa menyelesaikan nya dengan baik, dan saya juga bangga dengan diri saya sendiri karena sudah mau berusaha dan melawan rasa yang membuat saya tidak percaya diri. Jangan lupa juga didalam keadaan pun kita, kita tetap harus mengandalkan Tuhan. Supaya kehidupan kita sejalan apa yang Tuhan ajarkan. Karena Tuhan tidak tidur, Tuhan tau apa yang kita butuhkan, Tuhan tau apa yang kita takutkan, Tuhan tau apa masalah kita pasti Tuhan menolong dan membantu kita. Tergantung kita mengandalkan siapa disetiap pergumulan kita. 


Lampiran





Daftar pustaka 

Dwi Cahya Oktarina, Ira Adelina, (2020). Pengaruh Self Control terhadap Grit pada Mahasiswa yang Menjadi Panitia Kegiatan, vol: 4, hal. 15 - 26, p-ISSN 2407-2532, e-ISSN 549-4325

0 komentar:

Posting Komentar