21.7.24

JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI


Jawaban Ujian Akhir Semester

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


Raihan Arridho Multazam (23310410098)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menggali kreativitas: bagaimana skema persepsi mempengaruhi prilaku individu di tempat kerja



Kreativitas adalah salah satu keterampilan paling penting di dunia. Kreativitas di tempat kerja adalah kemampuan memikirkan ide-ide baru dan berguna yang dapat membantu meningkatkan proses kerja, produk, dan layanan. menjadi kreatif di tempat kerja tidak hanya menghasilkan inovasi, namun juga meningkatkan produktivitas, bakat, dan semangat kerja. Dengan mendorong pemikiran kreatif, bisnis dapat mencapai lebih banyak dan tetap kompetitif. Mereka yang telah memupuk kreativitas di tempat kerja kemungkinan besar akan mengalami peningkatan produktivitas dan retensi, yang pada akhirnya menguntungkan organisasi. (Nguyen, 2023) Namun Kreativitas individu di tempat kerja sering kali menghadapi berbagai permasalahan yang dapat menghambat potensi inovatif dan produktif. Untuk itu kita di tuntut untuk meningkatkan kemampuan kreativitas kita. Untuk menjelaskan langkah-langkah seseorang untuk menjadi kreatif atau tidak kreatif, dapat menggunakan skema persepsi dari Paul A. Bell dan kawan-kawan. Adapun skema ini dapat menunjukkan bagaimana persepsi dapat mempengaruhi perilaku seseorang.

Menurut skema yg di buat oleh Paul A. Bel, ada beberapa langkah-langkah yg perlu di lakukan untuk meningkat kan kreativitas:

Skema persepsi

Objek Fisik dan Individu :

·       Dalam Batas Optimal : Individu menghadapi dan mengamati objek fisik di lingkungan mereka dengan seimbang.

·       Diluar Batas Optimal : Individu menghadapi objek fisik di lingkungan mereka dengan cara yang tidak seimbang. Mereka mungkin terlalu kreatif dalam memanfaatkan objek tersebut, yang dapat menyebabkan dampak negatif seperti penggundulan hutan, banjir, dan penurunan keanekaragaman flora dan fauna.

·       Stress : Individu menghadapi situasi yang menimbulkan stres atau tidak nyaman. Misalnya, suatu ruangan yang terlalu panas atau terlalu gelap dapat menyebabkan stres.

·       Adaptasi : Individu dapat mengadaptasi diri dengan situasi yang menimbulkan stres. Misalnya, mereka dapat menggunakan AC atau lampu tambahan untuk mengurangi stres yang disebabkan oleh suhu atau cahaya yang tidak nyaman.

·       Persepsi : Proses di mana individu memperoleh informasi dari lingkungan sekitar dan menginterpretasikan kesan-kesan yang diterima. Persepsi ini dapat berbeda dari realitas objektif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti budaya, status sosial ekonomi, usia, agama, dan interaksi antar peran gender.

·       Perilaku : Hasil dari persepsi yang dapat berupa perilaku kreatif atau tidak kreatif. Perilaku kreatif dapat berupa penemuan solusi inovatif, sementara perilaku tidak kreatif dapat berupa perilaku yang tidak seimbang dan dapat menyebabkan dampak negatif pada lingkungan. (Rumengan, 2019)

Bagaimana  cara  menjelaskan  persepsi  dalam  bentuk  skema?  Berikut  adalah  skema persepsi yang dikemukakan oleh Paul A. Bell dan kawan-kawan (Ai Siti Patimah, 2024) ,(dalam Sarwono, 1995).  

 



 

Langkah-langkah Untuk Meningkatkan Kreativitas :

1.      Keterbukaan Pada Ide Baru:

·        Eksplorasi Aktif : Cari informasi dari berbagai sumber secara teratur untuk memperluas wawasan.

·        Dengarkan Aktif : Berikan perhatian lebih pada ide-ide orang lain dan bersedia untuk mengubah pandangan Anda.

·        Hargai Keragaman : Sambut sudut pandang dan pengalaman yang berbeda dengan apresiasi.

2.      Proses Kreatif  Pribadi :

·        Catat dan Refleksi : Catat ide-ide kreatif secara teratur dan luangkan waktu untuk merenungkan potensi pengembangan.

·        Pendekatan Berbeda : Cobalah pendekatan yang berbeda saat menghadapi masalah dan berpikir kreatif.

·        Inspirasi dari Lingkungan : Cari inspirasi dari lingkungan sekitar, seperti seni atau musik.

3.      Kemampuan Asosiasi dan Analogi :

·        Pemikiran Lateral : Gunakan pemikiran lateral untuk menemukan solusi di luar jalur konvensional.

·        Terapkan pada Konteks Baru : Terapkan ide dari bidang lain ke dalam konteks yang berbeda.

·        Pola dan Pola : Gunakan pola pikir yang out of the box untuk menemukan solusi baru. (Inosi)

 

Langkah-langkah Untuk Tidak Menjadi Kreatif :

 

·       Keterbatasan Wawasan

·       Terbatas pada Informasi

·       Tidak Menerima Umpan Balik

·       Kemampuan Asosiasi dan Analogi yang Tidak Efektif.

 

Kesimpulan

Dari skema persepsi dan kreatifitas di atas, bahwa persepsi individu dapat mempengaruhi perilaku mereka, termasuk kreatifitas. Persepsi yang seimbang dan positif dapat menghasilkan perilaku yang kreatif, sementara persepsi yang tidak seimbang dan negatif dapat menghasilkan perilaku yang tidak kreatif. Dengan menggunakan skema persepsi ini, individu dapat lebih baik dalam memahami bagaimana persepsi mereka dapat mempengaruhi perilaku mereka. Mereka juga dapat berusaha untuk memiliki persepsi yang seimbang dan positif, yang dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ai Siti Patimah, A. S. (2024, Maret 31). PERSEPSI TERHADAP LINGKUNGAN . Retrieved juli 21, 2024, from ejournal.up45: https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1807

Inosi. (n.d.). Steps to Increase Personal Creativity and Innovation. Retrieved juli 21, 2024, from inosi: https://inosi.co.id/langkah-langkah-meningkatkan-kreatifitas-dan-inovasi-personal/

Nguyen, L. (2023, november 8). Bagaimana Menjadi Kreatif di Tempat Kerja | 5 Cara Optimal. Retrieved juli 21, 2024, from AhaSlides: https://ahaslides.com/id/blog/creative-in-workplace/

Rumengan, M. (2019, Oktober 4). ADAPTASI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI TERHADAP BANJIR DI KELURAHAN PAKOWA KOTA MANADO. Retrieved Juli 21, 2024, from Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota : file:///C:/Users/USER/Downloads/rmsl,+482-492+EKA+B.+Z.+PAMEKAS+(14021105035).pdf

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar