13.6.24

Tugas Essay 7: Psikologi Lingkungan - Nasabah Bank Sampah - Oleh FARICHATUL LAIL HUDHALIFAH

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA : FARICHATUL LAIL HUDHALIFAH

NIM : 22310410176

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA




Sejak dirintis beberapa tahun lalu , keberadaan bank sampah di Dsn Srening RT 16 RW 07 Desa Selorejo Kec Baureno Kab Bojonegoro Jawa Timur, cukup efektif untuk mengatur volume sampah yang ada didesa . Warga pun rela memilah sampah karena mulai merasakan hasil nya.

Pada tanggal 28 mei dan 4 juni setiap pukul 09.00. saya memilah dan membersihkan sampah anorganik plastik seperti botol minum, kantong plastik, kemasan makanan, kemasan detergen, kemasan kopi dan lainya, dimana harga setiap plastik per kg nya Rp 5.000 setelah saya pilah saya setorkan ke tempat bank sampah desa selorejo, setelah itu saya mulai menimbang bersama petugas bank sampah yakni ibu zulaikah dan hasilnya sampah saya pada tanggal 28 beratnya 8,2kg dan sampah saya pada tanggal 4 7,8kg dengan memperoleh total uang Rp 80.000 dan dicatat serta dibayar secara tunai.

Sampah yang saya setorkan adalah hasil mengumpulkan plastik, kertas, kaleng, hingga botol kaca yang tak dipakai di rumah. Sejak bergabung jadi nasabah bank sampah Plastik-plastik bekas bungkus makanan, sabun, atau minuman langsung saya sisihkan begitu tidak dipakai. Ada tempat sampah sendiri untuk itu. Setelah penuh, saya baru membawa ke bank sampah yang buka tiap pagi. Jadi, yang diangkut tukang sampah keliling tinggal sampah basah. 

Sejak keberadaan bank sampah itulah, saya mulai berubah tanpa harus disuruh, Sebab, dari setiap sampah yang disetorkannya, ada rupiah yang dihasilkan. gelas plastik bekas kemasan air mineral yang dihargai Rp 5.000 per kilogram.

Di Desa Selorejo selain bisa mendapatkan uang tunai, saya bisa menabung dari hasil setoran sampahnya dengan bunga 1 persen per bulan. saya juga bisa memperoleh pinjaman jika sedang membutuhkan uang. Nilainya maksimal delapan kali dari saldo terakhir tabungannya, Ada pun jangka waktunya sepuluh minggu dengan total bunga hanya 5 persen alias hanya 2 persen per bulan.


0 komentar:

Posting Komentar