13.6.24

Tugas Essay 7: Psikologi Lingkungan - Nasabah Bank Sampah - Oleh Asna Khoirunisa

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA : Asna Khoirunisa

NIM : 22310410153

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Keuntungan Menjadi Nasabah Bank Sampah

Permasalahan sampah di Yogyakarta sangatlah kompleks dan tidak ada ujungnya. Banyaknya komunitas Pro Lingkungan pun masih belum bisa menyelasaikan permasalahan sampah yang ada. Tetapi dibalik hal tersebut terdapat sisi positif yang bisa diambil. Salah satunya membuat masyarakat berpikir mau dikemanakan sampah-sampah tersebut? Dan dari pemikiran tersebut akhirnya muncullah Bank Sampah.

Ketika saya mendaftar menjadi nasabah Bank Sampah saya kira harus membayar agar bisa menjadi anggota. Tetapi ternyata tidak, kita hanya perlu menulis nama, alamat, dan nomor hp yang kemudian dicatat oleh petugaslalu kita diberi buku keikut sertaan anggota yang berisikan 32 jenis sampah yang bisa disetorkan setiap seminggu sekali. 

Pada kesempatan kai ini saya dan teman-teman mendaftarkan diri sebagai nasabah Bank Sampah Sawo Kecik yang beralamat di Perum Candi Gebang yang berdiri sejak tahun 2015 dengan membawa dua jenis sampah, ya itu adalah sampah Duplex dan Map Coklat. Ketika sampai disana ternyata sudah banyak nasabah lain yang mengantri untuk mengantarkan sampah-sampah yang sudah mereka pilah berdasarkan jenisnya. 

Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika menjadi Nasabah Bank Sampah salah satunya kita jadi lebih aware terhadap sampah dan lingkungan. Kita jadi tau oh ternyata jenis sampah itu ada banyak. Bank sampah juga menjadi solusi untuk mengurai permasalahan sampah rumah tangga yang sampai saat ini menjadi permasalahan yang belum bisa diatasi oleh pemerintah. Selain itu, bank sampah juga memberikan keuntungan dalam hal ekonomi. Karena semakin rajin dan banyak sampah yang kita serahkan ke bank sampah maka akan semakin banyak juga uang yang bisa kita dapat. Keterangaa dari ibu petugas bank sampah beliau berkata jika kita sering mengumpulkan sampah dan jumlahnya banyak maka paling tidak dalam setengah tahun bisa menghasilkan uang sebesar Rp 400.000. 

Dengan adanya bank sampah ini, saya jadi bersemangat untuk mengumpulkan dan memilah sampah. Dan menjadi nasabah bank sampah adalah hal yang seharusnya dilakukan setiap orang agar sampah-sampah tersebut  bisa bermanfaat bukan malah menimbulkan masalah.

0 komentar:

Posting Komentar