10.6.24

Tugas Essay 4: Psikologi Lingkungan - Melakukan upcycling sampah anorganik & merintis sebagai pengusaha ekonomi sirkuler - Oleh Fatien Muthmainnah Azzahra

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA : Fatien Muthmainnah Azzahra

NIM : 22310410185

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Upcycling merupakan suatu cara yang baru dalam hal mengolah sampah-sampah anorganik secara kreatif dari bekas rumah tangga  seperti kardus bekas, koran bekas, sampah plastik menjadi produk yang berkualitas sehingga bisa digunakan lagi dan dapat mengurangi dampak merusak lingkungan, dan jika beruntung kita bisa menjualnya menjadi bisnis ekonomi sirkuler.

Kali ini saya akan membuat olahan sampah menjadi pigura hiasan dinding. Bahan-bahannya terdiri dari kardus bekas, buku LKS bekas, kertas kado sisa, dan dedaunan kering. Caranya, potong kardus bekas persegi panjang dengan ukuran panjang 15cm dan lebar 10cm.  Lalu cover dengan kertas kado abu-abu untuk background nya. Potong lembaran LKS menjadi beberapa bagian 3cm, lalu gulung-gulung lembaran itu menjadi gulungan yang siap ditempel ditepi kardus yang telah disiapkan, menempel gulungan hingga menutup semua tepi kardus. Untuk gambar ditengah-tengah pigura bisa opsional, dengan menggambar sendiri atau menempel foto, dan saya memilih untuk menggambar sendiri. Setelah gulungan tertempel semua, hias dengan bunga-bunga kecil untuk memperindah tampilan pigura. 

Kerajinan-kerajinan ini dapat dikembangkan menjadi bisnis sirkuler atau usaha UMKM. Dapat menciptakan lapangan kerja juga mengurangi limbah sampah anorganik. 

Link: https://www.instagram.com/reel/C7_42SWy8KxhauXR0Fvxm36etgs3QgeUa6WiMM0/?igsh=dm4yOHgyY2Z0MWNk

0 komentar:

Posting Komentar