10.6.24

ESSAY 7_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH ELVIRA FEBRIAN

 

MENJADI NASABAH BANK SAMPAH

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

ELVIRA FEBRIAN (22310410187)

Kelas : SP


Sampah merupakan konsekuensi dari adanya kegiatan manusia yang begitu beragam. Setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah. Jumlah atau volume sampah berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang kita gunakan sehari- hari dari jenis sampah juga sangat tergantung dari material yang kita konsumsi. Paradigma bahwa sampah adalah buangan yang tidak berguna dan harus dibuang perlu diubah dan diluruskan. Setiap anggota keluarga harus diberikan pemahaman dan pengelolaan sampah yang benar, sehingga penyadaran tentang akan terbentuk karakter pola hidup bersih dan sehat. Penanganan sampah rumah tangga dengan sistem lama yang menekankan pada penimbunan sampah kemudian dilakukan dengan pembuangan/pemusnahan dibakar atau dibuang di sembarang tempat seharusnya mulai diubah. Demikian pula penanganan sampah dengan sistem kumpul- angkut-buang yang memindahkan masalah di wilayah lain perlu segera dibenahi. Salah satu upaya perbaikan sistem pengelolaan sampah yang telah ada, adalah dengan sistem tabungan sampah melalui Bank Sampah. Bank Sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah yang dirancang seperti mekanisme kerja di perbankan dimana masyarakat dapat menabung sampah yang dibuktikan adanya nomor rekening dan buku rekening tabungan sampah. Terdapat direktur dan teller bank sampah.


Pada tanggal 8 juni saya pergi ke Bank Sampah Gemah Ripah yang berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Badegan RT 12 Bantul, Yogyakarta. Bank Sampah Gemah Ripah ini didirikan oleh Dr. Bambang Suwerda, SST., M.Si Beliau adalah Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Ketua Forum Bank Sampah Nasional). Bank Sampah Gemah Ripah merupakan bank sampah pertama di Indonesia bahkan di dunia yang dirancang dengan adanya buku rekening dan nomor rekening serta adanya direktur dan teller bank sampah (Zero to Heno, Metro TV, 2010). Bank Sampah Gemah Ripah bagian dari program Kesehatan Bengkel Kerja Lingkungan yang didirikan tanggal 23 Februari 2008 di Pedukuhan Badegan RT 12 Bantul, Yogyakarta.


Disana saya mengisi Formulir Pendaftaran Nasabah Baru dan dijelaskan bahwa sampah yang akan disetorkan di bagi menjadi 40 kategori. Disana ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pengelolaan sampah yakni pembuatan biopori, daur ulang plastik yang bekerja sama dengan UMKM dan pengelolaan sampah residu yang bekerja sama dengan DLH Kabupaten Bantul. Beberapa kegiatan lain yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan adalah pembuatan pengelolaan air sederhana, pembuatan chlorine diffuser, pemanenan L air hujan, dan lain-lain.


0 komentar:

Posting Komentar