4.6.24

ESSAY 6 : PSIKOLOGI LINGKUNGAN_Belajar di TPST_Oleh Ellenia Ika Apriliani

 


“ KUNJUNGAN KE TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH di RANDU ALAS”


Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA





Penulis : Ellenia Ika Aprilliani (22310410174)

Kelas : SP


PROGAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKATA




TPS 3R Randu Alas merupakan Tempat Pembuangan Sampah. TPS randu alas berlokasi di Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. TPS ini mengelola kurang lebih 350-400 KK dari enam padukuhan. Awal mula terbentuknya TPS 3R Randu Alas dulu menjadi tempat pembuangan sampah liar, sehingga dikelola oleh masyarakat menjadi tempat pembuangan sampah. 

TPS ini bernama Randu alas karena di lingkungan sekitar TPS tersebut ada beberapa pohon atau tanaman yang bernama Randu Alas yang menjadi symbol tersendiri untuk TPS tersebut. Pohon-pohon randu alas bisa bermanfaat membantu menjaga kelestarian lingkungan sekitar TPS.

Istilah 3R dalam TPS ini yaitu, Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (Mendaur ulang). Progam dari 3R ini merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk pengelolaan sampah pada skala komunal yang melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat. 

Proses pengelolaan sampah yang dilakukan pada TPS 3R ini dengan pemilihan sampah terlebih dahulu, karena masih banyak sampah-sampah yang belum dipisah dan dijadikan satu sesuai jenisnya oleh masyarakat setempat. Sehingga ini menjadi sebuah pr bagi para pekerja di TPS Randu Alas. Proses pengelolaannya juga cukup membuatkan waktu dan biaya yang tidak mudah.

Sumber masalah yang terjadi sebenernya adalah jika sampah sudah tercampur sehingga tidak bisa diolah kembali. Sampah juga menjadi masalah jika sudah menimbulkan bau dan busuk. Di TPS ini untuk mengurangi bau pada sampah menggunakan ecolindi & mall. Ecolindi & mall merupakan bakteri yang bisa membantu dalam mengurangi bau pada sampah. 

Proses pengelolaan sampah anorganik seperti plastik, botol plastic bisa menjadi bahan bakar pabrik. Sedangkan sampah organik di TPS ini dijadikan pupuk, biaktivator, dan pakan untuk maggot. TPS ini juga membudidaya maggot yang menjadi suatu produk unggulan dalam pengelolaan sampah organik yang efisien.

Pada proses pengelolaan sampah di TPS 3R Randu Alas ini masih banyak sekali pr yang harus dilakukan oleh para pekerjanya, memilah dan mengolah sampah. Banyak masyarakat yang belum mempunyai kesadaran dalam memilah dan mengolah sampah. Sampah-sampah yang diambil dari beberapa rumah warga masih tercampur dalam beberapa jenis, sehingga menyebabkan sulitnya pada proses pengelolaan sampah. 

Permasalahan yang terjadi adalah karena kurangnya kesadaran masyarakat pada sampah yang membuat masyarakat belum mampu dalam memisahkan sampah dan mengelola sampah. Maka dengan hal tersebut, perlunya dilakukan kembali penyuluhan dan edukasi terkait pengelolaan sampah dengan baik dan benar pada warga atau masyarakat setempat.

Berikut beberapa foto dokumentasi pada saat kunjungan di TPS 3R Randu Alas:

Profil TPS 3R Randu Alas Pohon Randu Alas

      

     

  

  Penjelasan materi terkait sampah dengan                 Sampah-sampah yang terkumpul

Ibu Shinta dan Bapak Sujono

            

   


Sampah anorganik                     


Sampah organik

   


Mahasiswa Psikologi UP45


      



0 komentar:

Posting Komentar