10.6.24

ESSAY 4_Psikologi Lingkungan_Upcycling Sampah Anorganik_Oleh Rafiqoh Novembria

 


“ MENGASAH KREATIVITAS DIRI  MELALUI KERAJINAN DARI BARANG BEKAS “

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA,MA


 Rafiqoh Novembria / 22310410181

Kelas : SP


FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 

2024/2025


Kreativitas merupakan suatu anugerah yang luar biasa. Kreativitas sendiri memiliki arti bahwa  suatu bentuk kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikan sesuatu hal yang baru. Kreativitras sendiri bisa diasah sejak masih kecil dan saat anak menginjak usia balita. Menjadi kreatif tidak harus mengeluarkan banyak budget atau material. Cukup dengan memnafaatkan barang yang sudah tidak terpakai disekitar kita atau barang bekas. Salah satunya kita bisa menjadikan sampah anorganik seperti botol, kardus, kertas, plastic dan lainnya, menjadi barang yang memiliki manfaat dan nilai.

Pemanfaatan sampah menjadi barang yang bernilai dinamakan dengan upcyling. Upcyling adalah salah satu prinsip 3R pada pengelolahan sampah dimana, sampah diubah menjadi barang atau benda yang memiliki nilai guna dan nilai material. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan botol bekas masker wajah dan sampah plastic makanan ringan . Pada botol bekas masker, kita bisa memanfaatkannya menjadi tempat lilin. Atau tempat Pernik – Pernik. Sedangkan untuk sampah plastic kita bisa memanfaatkannya menjadi tempat pensil maupun dompet. 

Selain itu, Pemanfaatan yang kita lakukan ini tidak hanya memberikan efek positif bagi diri kita saja, melainkan bagi lingkungan sekitar kita. Dampak positif bagi kita selain mengasah kemampuan kreativitas kita. Hal ini juga akan mengasah motoric kasar dan halus pada anak, kemampuan kita untuk bekerjasama dan kesadaran kita terhadap sampah serta penghasilan tambahan bagi kita. Sedangkan dampak untuk lingkungan antara lain lingkungan menjadi lebih bersih, tidak adanya penumpukan sampah dan terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman. 

Berikut ini  beberapa contoh produk dari pemanfaatan barang bekas yang saya lakukan  :

  1. Wadah lilin. Tempat lilin ini terbuat dari wadah bekas masker dan lilin sisa yang saya kumpulkan lalu saya lelehkan, kemudian untuk menambah keestetikan dari wadah itu, saya menambahkan tali Jerami yang saya lilitkan disekitar wadah itu termasuk penutupnya , lalu untuk bagian Tengah penutupnya saya tambahkan hiasan berupa bunga. 

  2. Dompet. Dompet ini terbuat dari bahan dasar plastic makana ringan. Yang mana plastic tersebut say belah dua lalu saya gabungkan dengan menggunakan lem bakar . setelah itutidak lupa saya menambahkan resleting agar semakin cantik dan bisa digunakan.

Maka dari itu, menjadi kreatif merupakan hal yang sangat menyenangkan dan anugerah yang indah. Semua orang bisa menjadi kreatif namun untuk menumbuhkan sikap sadar dan tanggung jawab pada diri kita mengenai sampah, tidak semua orang bisa menjadi itu. Dengan demikian, jadilah individu yang tidak hanya kreatif melainkan peduli dan penuh tanggung jawab dengan sekitar kita termasuk lingkungan.

Terima kasih 


0 komentar:

Posting Komentar