15.6.24

ESSAY 4_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH BAGUS WIJAYA


“MELAKUKAN UPCYCLING SAMPAH ANORGANIK MEMBUAT KANDANG HAMSTER DARI WADAS ES KRIM BEKAS”


Disusun Guna Memenuhi Tugas

Psikologi Lingkungan


Dosen Pengampu:

Dr.,Dra. ARUNDATI SHINTA MA


Oleh :

Bagus Wijaya / 22310410149





PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 

Yogyakarta

2024








Barang bekas diantaranya botol minuman bekas, koran-koran bekas, kain bekas dan sampah plastik bekas seperti kantong plastik kresek. Diantara barang bekas tersebut maka barang bekas plastiklah yang sangat sulit untuk dimusnahkan begitu saja sehingga diperlukan proses 3R (reducereuserecyle). Pengelolaan sampah rumah tangga ataupun barang bekas adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga. Pada saat sekarang atau dimasa pandemi ini kegiatan daur ulang bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi bahkan dalam proses pemasaran juga memiliki harga yang cukup tinggi. 

Saya memanfaatkan wadah bekas es krim untuk membuat kandang hamster yang nantinya bisa dijual kembali dan memiliki harga yang cukup lumayan. Ide ini sudah sejak lama saya dapatkan ketika saya masih beternak hamster di tahun 2022.

Untuk membuatnya bahan-bahan yang di butuhkan adalah wadah bekas eskrim (bisa yang ukuran 5Liter atau ukuran 8Liter), kawat kotak bekas, cutter untuk memotong bagian tutupnya, kawat atau kabel tees, paku, dan botol bekas isoplus atau juga bisa botol bekas c-1000.

Cara membuatnya :

  1. Bersihkan wadah bekas eskrim beserta botol bekas.

  2. Setelah itu keringkan 

  3. Lubangi tutup wadah es krim bekas di bagian tengah seukuran kawat kotak.

  4. Lubangi tutup wadah eskrim bekas seukuran botol bekas

  5. Pasang kawat kotak dengan kabel tees

  6. Lubangi tutup botol tadi seukuran kecil menggunakan paku.

Nah kandang hamster dari wadah bekas es krim ini biasa saya jual di marketplace Facebook, Grub hamster Jogja Facebook, dan Grub Whatsapp Hamster Jogja Club.

Kesulitan yang dihadapi ketika kandang hamster dari wadah es krim bekas di posting tidak serta merta langsung laku terjual, tetapi harus sabar menunggu beberapa waktu sampai ada yang tertarik dan membelinya.







0 komentar:

Posting Komentar