20.5.24

Tugas Meringkas Kelas online dan diskusi konsep dasar terapi kasus adiksi : Tahap perubahan perilaku oleh KRISNA

KRISNA 22310410142
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 YOGYAKARTA
Dosen pengampu : FX. WAHYU WIDIANTORO S.Psi., MA
Mata Kuliah : Kesehatan Mental

Adiksi merupakan suatu kondisi kecanduan seseorang yang tidak bisa mengendalikan diri untuk berhenti dalam melakukan suatu tindakan atau menggunakan sesuatu hal yang berbahaya bagi dirinya sendiri.  Adiksi memiliki memiliki dua jenis yaitu adiksi zat dan adiksi perilaku. Adiksi zat yaitu  seseorang yang kecanduan pada zat, kokain, heroin, stimulan, rokok dan obat penenang ( sedatives)  kemudian jenis zat perilaku yaitu keadaan seseorang kecanduan didalam melakukan suatu hal atau tindakan secara berlebih. Contohnya yaitu kecanduan game, kecanduan berjud, serta kecanduan menonton film dewasa.

Beberapa hal yang dapat menjadikan tahapan  perubahan perilaku yaitu dengan preparasi. Ketika dengan adanya keinginan untuk berubah tetapi dengan tahapan yang runut.  Diantaranya yaitu  membuat komitmen melakukan perubahan, motivasinya ada pada tampak berubah terlihat,  lalu melakukan sesuatu dengan langkah perubahan kecil untuk berhenti serta menghimpun informasi sebanyak-banyaknya road map untuk berubah. 

Tahapan berikutnya  yaitu prakontemplasi  bahwa  seseorang belum terpikir dibenaknya untuk  berubah  dan belum tertarik terhadap perubahan orang lain. Karakternya pun lebih dominan dan defensif lebih bertahan  kebiasaan yang cenderung kurang baik. Klien butuh  kesadarannya  disaat  dirinya  sebelum tersadar untuk berubah sangat perlu dan fundamental. Kontempelasi  merupakan tahapan berikut yang mulai menyadari  resiko dan dampak dari habitnya dengan bergerak meluangkan waktu untuk berpikir tentang masalahnya.

Pemeliharaan  diri bahwa mampu menanggulangi  yang menimbulkan sebuah hasrat untuk kembali seperti hal habit yang lama, secara terstruktur dan perlahan membuat pribadi yang mampu produktif dari penerapan mindset  baru serta mampu mitigasi situasi yang menimbulkan dampak miring. Selanjutnya memberikan motivational support needed   lalu apa saja tahapan yang bisa diberikan dari tahapan tersebut? Jadi, garda terdepan membantu klien didalam menyusun road map perubahan dengan memilih yang sesuai kondisinya, lalu membantu dan evaluasi keterampilan klien yang berdampak baik.  Motivational support needed  dalam hal ini pendampingan dengan membantu secara sigap untuk pulih dengan meningkatkan rasa Percya diri yakin bahwa bisa berubah dengan strategi jitu dan normalisasi ambivalensi serta support dengan afirmasi bahwa untuk keberhasilan.

Perwujudan yang nyata bisa dilaksanakan yaitu aksi mengubah perilaku dan habit, berani memulai aktif serta berinovasi dengan teknik yang menyenangkan dalam hal baik. Mereview komitmen berubah dengan beradaptasi. Kemudian memakai reward disebagai defense  motivasi.

Motivational support needed  dalam prospek maintenance    yaitu dengan membantu klien mengekplorasi keterampilan barunya, berupa bersosialisasi serta aktivitas untuk memperkuat pemulihan. Selanjutnya iyalah membantu dan memberikan support pada klien didalam mempertahankan coping yang  baik, bermanfaat serta menuntun titian hidup.

0 komentar:

Posting Komentar