10.5.24

Tugas Essay 3: Psikologi Lingkungan - Before After - "Kegiatan Before After di Sekitar Lingkungan Rumah" Oleh Asna Khoirunisa

 Nama :Asna Khoirunisa

NIM : 22310410153

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Tugas : Esai 3

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Kegiatan Before-After di Sekitar Lingkungan Rumah



        Pada bulan Ramadan kemarin banyak anak-anak dan para remaja yang bermain petasan di jalan utama menuju rumah saya. Setelah bermain petasan mereka langsung meninggalkan lokasi tersebut tanpa membersihkan sampah kertas dari petasan mereka yang berserakan di jalan maupaun dipinggir jalan. Sejalan dengan tugas yang diberikan oleh bu Shinta yaitu melakukan kegiatan plogging.  Plogging sendiri merupakan kegiatan yang menggabungkan antara jogging dengan memungut sampah. Plogging sendiri pertama kali dilakukan di Swedia pada tahun 2018 lalu kemudian dengan cepat menjadi kegiatan yang populer di seluruh dunia. Plogging memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat meningkatkan kesehatan karena plogging didalam plogging ada jogging yang dapat membantu membakar kalori, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan memperkuat otot. Lalu yang berikutnya dapat meningkatkan kesehatan mental karena dengan beraktivitas diluar ruangan  kemudian melihat pemandangan yang indah dan udara yang sejuk dapat mengurangi stress. Dan manfaat yang paling terasa adalah mengurangi sampah, mencegah polusi, serta meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Dan kali ini saya melakukan kegiatan plogging pada pukul 05:30 WIB. Karena dekat dengan rumah, saya jogging sambil membawa sapu untuk membersihkan lokasi. Lokasi pertama berjarak sekitar 500 meter dari rumah. Saya mulai membersihkan pada pukul 05.45-06.20 WIB.

Before


After

Begitu terlihat bedanya sebelum lokasi dibersihkan sangat kotor dan sampah berserakan dimana-mana. Namun, setelah di bersihkan sangat nyaman untuk di pandang karena sudah bersih.

Before


After


Lokasi kedua yang berjarak 200 meter dari lokasi pertama dengan jenis sampah yang sama yaitu sampah kertas dan daun.

 



Dilokasi kedua ini tidak sekotor lokasi pertama namun, pemandangan yang disajikan sangat memanjakan mata dan juga udara yang meyegarkan pernafasan. Inilah manfaat yang di dapat ketika melakukan kegiatan plogging di pagi hari. Saya sangat senang mendapat tugas ploggig dari bu Shinta. Karena dengan melakukan kegiatan plogging, saya mendapat banyak manfaat seperti yang saya sebutkan diatas. Untuk itu marilah kita melakukan kegiatan plogging karena selain membuat badan kita menjadi sehat tetapi juga membuat lingkungan menjadi bersih. Dari kegiatan plogging ini saya telah melakukan jogging sejauh 1,5 Km dengan jenis sampah kertas dan dedunan seberat 4 kg.

Before

After

0 komentar:

Posting Komentar