6.5.24

Tugas Essay 2: Psikologi Lingkungan - Plogging - Oleh Bunga Anggraeni

 Psikologi lingkungan

essay 2

dosen pengampu : Dr, Dra arundati shinta ma

Nama  | Bunga anggreani | Nim :22310410169





plogging day

plogging day

    Ketika membicarakan gaya hidup yang seimbang dan sehat, yang langsung terlintas di benak saya adalah cara hidup orang swedia yang patut dijadikan contoh. Salah satu trend di swedia yang muncul pada tahun 2016 yaitu PLOGGING . istilah plogging berasal dari frase bahasa inggris yaitu “jogging” dan “plocka upp”, istilah swedia yang berarti “picking up” atau memungut dalam hal ini memungut sampah. Plogging adalah tren fitnes swedia yang menggabungkan antara jogging dan memungut sampah.

 

    Di daerah sleman adalah tempat saya plogging, lapangan pemda sleman memang biasa dijadikan tempat untuk berolahraga dan kegiatan lainnya. Tempatnya yang hijau dan asri, ditambah lagi dengan fasilitas alat gym yang gratis menjadikan lapangan ini ramai pengunjung terlebih lagi di hari weekend. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia semua berolahraga disini. Selain banyak fasilitas alat olahraga, di lapangan pemda juga banyak pedagang kaki lima yang menjajakan snack, minuman serta makanan berat lainnya.

 

    Walaupun disana sudah tersedia tempat sampah, dan juga petugas yang membersihkan, namun kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim. Saya melihat di tengah lapangan , masih banyak sampah botol minuman plastik, bekas wafer, cup mie instan, plastik, sedotan dan masih banyak lagi. Membuat saya bersemangat untuk melakukan kegiatan plogging.

 

    Dimulai dengan berjalan 3 putaran mengitari lapangan , lalu sambil berjalan saya memungut sampah satu persatu hingga terkumpul satu plastik yang lumayan penuh.setelah terkumpul , selanjutnya saya membuang sampah tersebut pada tempatnya.

 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata masih banyak manfaat lainnya yaitu :

  • Menangani polusi plastik
  • Menyelamatkan satwa liar
  • Mengurangi beban biaya sosial

 

Berikut beberapa tips untuk memulai melakukan plogging :

  • Memilih tempat untuk plogging
  • Membawa perlengkapan plogging seperti plastik & hand glove
  • Serta membagikan aktivitas plogging supaya menjadi motivasi untuk masyarakat sekitar.



0 komentar:

Posting Komentar