6.5.24

Tugas Essay 2: Psikologi Lingkungan - Plogging - "I'm Doing Plogging" oleh Nanda Aprilia Dewi Saputri

Nama: Nanda Aprilia Dewi Saputri

NIM: 22310410158


Prodi Psikologi Lingkungan, Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Esai 2


“I’m Doing Plogging”

       Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan pertumbuhan sisa sampah yang menumpuk di alam, dari pasang surut plastik di laut hingga tempat pembuangan di hutan. Mengatasi permasalahan ini tidak mudah, namun itu perlu dan sangat mungkin diatasi. Implementasi aksi pelestarian bumi semakin terintegrasi di berbagai bidang, salah satunya olahraga. Dorongan kegiatan ini bertujuan untuk melihat sisi inisiatif dan inovatif, seperti Plogging. Plogging memungkinkan kita untuk olahraga sambil menjaga lingkungan. Kegiatan ini sangat menginspirasi banyak orang untuk menunjukkan betapa pentingnya menjaga planet kita.


“I’m Doing Plogging”

       Plogging adalah fenomena baru yang menggabungkan olahraga dan kebersihan lingkungan. Istilah plogging berasal dari kata-kata jogging (lari santai) dan plocka upp (mengambil) dalam bahasa Swedia. 

Plogging merupakan kegiatan mengumpulkan sampah saat kita sedang berlari kecil. Kita hanya membutuhkan pakaian olahraga yang sesuai untuk berlari dan kantong sampah untuk meletakkan semua sampah yang ditemukan di sekitar. Para ahli dari mengatakan bahwa modalitas “lari” ini adalah pilihan yang bagus untuk kebugaran dan penurunan berat badan sambil menjaga lingkungan. Menurut ahli, Plogging bisa membakar 300 kalori untuk setiap 30 menit latihan, berkat kombinasi dari latihan lari terus-menerus dengan mengumpulkan sampah.

Dengan setiap langkah, tidak peduli seberapa kecilnya, kita telah berkontribusi untuk melestarikan alam dalam mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pelestarian ekosistem darat. Jika seluruh dunia memanfaatkan waktu dan energi mereka untuk memungut sampah di sepanjang jalan, perubahan besar telah kita mulai dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelamatkan bumi ini.


       Plogging juga bermanfaat untuk fisik kita. Tindakan seperti membungkuk untuk mengambil objek dan meluruskan lagi adalah cara yang bagus untuk memperkuat pinggang dan kaki kita



Plogging pertama, saya laksanakan di

Stadion Magelang Gemilang

    Di hari Selasa, 30 April 2024, dari Pukul 15.00-17.00 WIB Sampah yang saya pungut, saya buang ke tempat sampah karena di stadion tersebut disediakan tempat sampah, meski begitu, orang masih malas membuang sampah pada tempatnya.


Plogging kedua, saya laksanakan di

Jalan Mbtogo-Tulung, Mertoyudan,Magelang.

    Di hari Senin, 29 April 2024, dari Pukul 16.00-17.30 WIB Sampah yang saya pungut, saya berikan ke tukang angkut pulungan, karena mereka lebih tau sampah tersebut mau diapakan.

Hasil sampah yang saya dapatkan Ketika plogging hamper setengah kilo, yaitu 425 gr.

0 komentar:

Posting Komentar