6.5.24

Tugas 3: Psikologi Lingkungan - Before After - "Before After Lingkungan Publik" Oleh Nanda Aprilia Dewi Saputri

Nama: Nanda Aprilia Dewi Saputri

NIM: 22310410158


Dosen Pengampu

Dr. Arundati Shinta, M.A

Psikologi Lingkungan


Before After Lingkungan Publik




    Sampah adalah buangan atu limbah hasil individu, rumah tangga maupun industri yang merupakan sisa sisa dari kegiatan manusia sehari hari atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan.  

    Jenis-jenis Sampah Berdasarkan asal atau sumbernya, sampah padat dapat digolongkan menjadi 2 (dua) yaitu sebagai berikut : 

1) Sampah organik, adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasi oleh mikroba atau bersifat biodegradable. Sampah ini dengan mudah dapat diuraikan melalui proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus (selain kertas, karet dan plastik), tepung, sayuran, kulit buah, daun dan ranting. Selain itu, pasar tradisional juga banyak menyumbangkan sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan dan lain-lain. 

2) Sampah non norganik atau anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahanbahan non hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. Sampah anorganik dibedakan menjadi sampah logam dan produk-produk olahannya, sampah plastik, sampah kertas, sampah kaca dan keramik, sampah detergen. Sebagian besar anorganik tidak dapat diurai oleh alam/ mikroorganisme secara keseluruhan (unbiodegradable). Sementara, sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga misalnya botol plastik, botol gelas, tas plastik, dan kaleng.

    Sampah yang berhasil saya kumpulkan hari itu semuanya merupakan sampah non organik plastik, berupa sampah botol, bungkus, gelas dll. Sampah yang telah saya bersihkan di Tk saya buang di tempat sampah karena anti akhirnya akan di ambil oleh petugas pemungut sampah. Sedangkan sampah di Lapangan, saya pisahkan masing masing jenis sampah dan saya berikan kepada pemulung untuk diolah kembali.

    Saya membersihkan sampah di lingkungan publik terdekat, yaitu sekolah: TK RA Muslimat NU Donorojo 2. Di hari Senin 29 April 2024, dari pukul 12.00-13.00.

Before
Before

After

After

    Kemudian, saya melakukan pembersihan tempat publik kedua di Lapanan Dusun Tulung, Pasuruhan, Mertoyudan, Magelang. Di hari Senin, 29 April 2024, dari pukul 14.00-15.00

Before

Before


After

After

0 komentar:

Posting Komentar