3.5.24

Tugas Essay 2: Psikologi Lingkungan - Plogging - "Kegiatan Plogging di Jogja" Oleh Asna Khoirunisa

 

Nama :Asna Khoirunisa

NIM : 22310410153

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Tugas : Esai 2

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Kegiatan Plogging di Jogja


Plogging merupakan kegiatan yang menggabungkan antara jogging dengan memungut sampah. Plogging sendiri pertama kali dilakukan di Swedia pada tahun 2018 lalu kemudian dengan cepat menjadi kegiatan yang populer di seluruh dunia. Plogging memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat meningkatkan kesehatan karena didalam plogging ada jogging yang dapat membantu membakar kalori, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan memperkuat otot. Lalu yang berikutnya dapat meningkatkan kesehatan mental karena dengan beraktivitas diluar ruangan  kemudian melihat pemandangan yang indah dan udara yang sejuk dapat mengurangi stress. Dan manfaat yang paling terasa adalah mengurangi sampah, mencegah polusi, serta meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan. Sejalan dengan tugas yang diberikan oleh bu Shinta, saya melakukan plogging di Alun-alun Kidul Yogyakarta dan Pasar Ngasem. 


Lokasi pertama plogging berada di Alun-alun Kidul Yogyakarta pada hari  Minggu, 28 April 2024. Saya memulai kegiatan pada pukul 15.00 WIB. Alun-alun Kidul merupakan tempat  wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Disana banyak para pedagang dari makanan hingga minuman pada sore hingga malam hari. Tidak heran jika sampah disana didominasi oleh sampah plastik bekas wadah sedotan dan sedotan itu sendiri, botol plastik, plastik bungkus makanan, tissue, bungkus rokok, tususk sate kemudian saya juga menemukan sampah batu baterai.   Dari kejauhan memang tidak nampak kalau disana ada sampahnya namun, ketika didekati ternyata banyak sekali sampah yang berserakan. Hal ini menandakan kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Mereka hanya mau menggunakan tapi tidak mau membuang sampah pada tempatnya.  

Before

After

Lokasi kedua yaitu Pasar Ngasem, disini sampahnya tidak terlalu banyak karena sudah ada petugas kebersihan sendiri. Sampah di Pasar Ngasem di dominasi oleh sampah plastik, daun yang berjatuhan, botol plastik, bungkus makanan dan bekas jualan para pedagang. Ketika di Pasar Ngasem ternyata sedang ada latihan menari di plataran pasar. Nah inilah salah satu manfaat plogging ketika kita berada diluar ruangan kita bisa me-refreshkan otak dan mata.

Before

After

Untuk itu marilah kita melakukan kegiatan plogging karena selain membuat lingkungan menjadi bersih badan kita juga bisa menjadi fresh dan sehat. Dari kegiatan plogging ini saya telah melakukan jogging dengan total waktu 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 1,5 kilometer. Dengan total berat sampah sekitar 2 kilogram yang kemudian saya buang ke tempat sampah.


0 komentar:

Posting Komentar