3.5.24

Tugas Essay 2: Psikologi Lingkungan - Plogging - Oleh Fateien Muthmainnah Azzahra

 

Nama: Fatien Muthmainnah Azzahra

NIM : 22310410185

Matkul : Psikologi Lingkungan

Dosen : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 

ESSAY 2 - PLOGGING



    Plogging adalah kombinasi dari plocka upp dan jogging yaitu tren kegiatan berolahraga lari sembari memungut sampah. Tren yang dimulai dari Swedia ini mendunia dan banyak dilakukan oleh pecinta lingkungan. Contohnya oleh ibu dosen saya tercinta ibu Dr., Dra. Arundati Shinta, MA. yang menganjurkan mahasiswa Psikologi Lingkungan untuk melakukan aktivitas Plogging agar mahasiswanya bisa secara nyata melakukan pembersihan sampah di jalan-jalan sambil melakukan sesuatu (olahraga) yang menyenangkan dan sebagai pembentukan perilaku (operant condition-ing) bahwa berhubungan dengan sampah itu menyenangkan.

    Jadi, pada tanggal 29 april 2024 saya melalukan Plogging di stadion Mandala Krida bersama rekan sekelas sekaligus sepupu saya sebanyak tiga kali putaran sambil membawa kresek ungu besar. Sampah-sampah yang saya temukan umumnya berupa dedaunan kering, tisu (sampah organik), cup minuman, plastik-plastik siomay batagor, bungkus permen, dan saya juga menemukan kardus-kardus juga kaleng cat( sampah non-organik). Setelah ditimbang berat sampah yang saya kumpulkan yaitu 980 gram. Saya membawa sampah itu kerumah sebelum keesokan paginya saya buang ke tps yg terletak didaerah rumah saya yaitu TPS3R Nitikan.



    Setelah melakukan plogging untuk pertama kalinya saya berniat untuk melakukan aktivitas tersebut setiap saya jogging. Terbukti aktivitas ini sangat menyenangkan dan membuat saya lebih sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kita. Seperti kata pepatah, Running is good for your health. Picking up litter is good for the planet’s health. Why not combine the two?


0 komentar:

Posting Komentar