3.5.24

Tugas Essay 2: Psikologi Lingkungan - Plogging - "HARMONI JALAN SEHAT TERHADAP PERSEPSI LINGKUNGAN" Oleh Krisna

 TUGAS ESAI II PLOGGING


NAMA DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA


NAMA: KRISNA

NIM : 22310410142

KELAS : SJ


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI


UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


        Olahraga merupakan suatu kebutuhan yang utama menunjang segala rutinitas yang akan kita ampuh dengan semangat dan kerja keras. Tetapi, apabila hanya dengan melakukan  olahrga tanpa memperhatikan lingkungan tampaknya ada yang kurang untuk dilakukan. Memang, begitu masifnya orang-orang mengibarkan hidup sehat dengan olahraga, namun. Tidak dibarengi dengan menjaga lingkungan. Bahkan  dengan harapan  tersebut tidak senada dengan tindakan.

        Jadi, saya melakukan olahrga dengan santai dan penuh semangat dan sebenarnya oalehag itu tidak harus menggunakan outfit yang mahal dengan menggunakan peralatan sederhana cukup. Misalnya sepatu  dan kaos. Tetapi bukan sekedar itu hidup sehat bisa dimaknai dengan segala kondisi, selagi punya niat dan tekad. Menggunakan alas kaki sederhana saja cukup misalnya sendal. Terpenting ada yang melindungi telapak kaki ketika berolahraga yang sifatnya outdoor maupun indoor. Lalu juga menyesuaikan kebutuhan dengan bijak.

    Ketika saya menyusuri dengan jalan santai ada beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu sampah yang masih bergelimpangan dibibir jalan. Memang ini faktor telah tumbuh secara nasional. Setiap daerah di Indonesia pasti menemukan hal ini. Kembali lagi pada masing-masing individu yang mengalami kekurangan didalam hal tanggungjawab dan disiplin. Ketika saya olahraga dengan jalan sehat dengan berlangsung 2 jam dengan dua tempat berbeda dan persamaan pun ditemukan yaitu tentang sampah yang berserak. Plogging dilaksanakan diwilayah Ringinsari dan Kradenan pada hari Minggu, 21 April 2024. Sekitar kurang lebih 10 KM sebab  menyusuri gang bukan hanya jalan aspal saja. Melakukan susur tersebut pada pukul 07:00-09:00 WIB. Memang menyenangkan tetapi, persepsi masyarakat ada kalanya seperti suatu sedikit aneh atau bagaimana juga tidak paham. Ketika tatapannya tertegun melihat dan ada pula yang mengapresiasi. Sebetulnya masyarakat telah melakukan dengan tepat.

        Hanya saja orang yang tak bertanggungjawab membuang sampah sembarang bertepatan dijalan pula mereka dengan leluasa tanpa perhatian orang membuang begitu saja. Padahal lingkungan yang diharapkan telah dipupuk sendirian rupa sejak kecil. Bagaiamana budaya sehat  tersebut tertanam. Namun, seiring waktu generalisasi dalam bersikap dan bertindak sering labil. Ini adalah pekerjaan bersama membangun negeri yang sehat dari lingkungan terkecil. Sangat di sayangkan hal tersebut menganggu kesehatan lingkungan dan iklim yang bergejolak.

     Dari observasi masyarakat bisa memahami gerakan  3R dan mampu membedakan sampah. Namun, penerapan tersebut belum begitu berjalan dan hanya membuang sampah pada tempatnya. Semoga kedepannya masyarakat semakin meningkatkan kreativitas dan inovasi didalam menjaga lingkungan dan juga orang yang bertamu mampu menjaga kebersihan secara baik ketika memasuki wilayah perkampungan setempat.

     Sampah yang berserak tersebut saya pungut dan masukan dalam kantung plastik dan terdiri beberapa yang dominan yaitu sampah anorganik yaitu plastik atau bungkus makanan, memang tidak begitu berat. Dari dua tempat yang berbeda sampah  dengan beberpaa kantong plastik tersebut memiliki berat 3 kg. Yang membuat sedkit berat ada sampah seperti gabus atau pampers yang sudah lama ada beberapa yang saya dapatkan. Walaupun telah menjaga lingkungan dengan baik. Ada saja individu yang lewat atau sekedar jalan membuang hal yaitu sampah.



       Hal tersebut lama kelamaan tidak akan pudar atau diurai oleh alam. Setelah dipilah ternyata sampah plastik yang amat dominan diantara yang lainnya.  Sampah setelah dtimbang dan kemudian saya bawa pulang ditempatkan ditempat sampah supaya diangkut oleh petugas yang memberitahukan atau mengambil sampah di kompleks tempat saya.  Menjadi perhatian bersama untuk menjaga lingkungan yang sebaik-baiknya, agar lingkungan bersih dan sehat menjadi terwujud dan ruang ternyaman tercipta disegala sisi.



0 komentar:

Posting Komentar