3.5.24

Tugas Essay 1: Psikologi Lingkungan - Review Journal - "Perilaku Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah Makanan di Berbagai Negara" Oleh Ibnu Abdul Aziz

 

Perilaku Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah

Makanan di Berbagai Negara

Ibnu Abdul Aziz

NIM: 22310410165

Essay 1 : Meringkas Jurnal Sampah

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA




Topik

Perilaku Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah Makanan

Sumber

Chaerul, Mochammad, and Sharfina Ulfa Zatadini. "Perilaku

Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah Makanan di Berbagai Negara: Review." Jurnal Ilmu Lingkungan 18.3 (2020): 455-466.

Permasalahan

Perilaku pembuangan sampah makanan dan pengelolaan sampah makanan menjadi permasalahan global yang signifikan.

  1. Permasalahan seperti tingkat pemborosan makanan, kebiasaan menyimpan makanan berlebihan, atau kurangnya kesadaran akan dampak lingkungan dari pembuangan sampah makanan dapat menjadi fokus kajian.
  2. Permasalahan terkait infrastruktur pengelolaan sampah makanan, kebijakan yang kurang mendukung, atau kurangnya kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah makanan secara efektif mungkin menjadi bagian dari bahasan tersebut.
  3. Permasalahan seperti perbedaan kebijakan, pendekatan inovatif, atau tantangan yang spesifik yang dihadapi oleh negara-negara tersebut dapat menjadi perhatian utama. Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu dilakukan upaya kolaboratif antara pemerintah, industri, dan masyarakat untuk mengurangi pemborosan makanan, meningkatkan pengelolaan limbah makanan, dan mempromosikan kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan keadilan sosial.

Tujuan Penelitian

Untuk mengkaji perilaku membuang sampah makanan dan pengelolaan sampah makanan di berbagai negara. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik-praktik terkait sampah makanan serta mencari solusi yang berkelanjutan dan lingkungan untuk masalah ini secara global.

Isi

Membahas implikasi sosial dan ekonomi dari perilaku membuang sampah makanan, termasuk ketimpangan akses pangan, kerugian ekonomi, dan masalah kesehatan yang timbul. Namun, pengelolaan sampah makanan yang berhasil dapat mengurangi kerugian ekonomi, menciptakan peluang bisnis baru, dan memberdayakan komunitas dalam mengelola sumber daya secara berkelanjutan. Studi ini menekankan perlunya tindakan yang koordinat dalam mengatasi tantangan sampah makanan, dengan rekomendasi untuk kebijakan publik, peran individu, dan kerja sama internasional. Menyoroti aspek utama dari artikel tersebut, menekankan pentingnya perilaku membuang sampah makanan dan

pengelolaan sampah makanan di berbagai negara, serta implikasi sosial, ekonomi, dan lingkungan dari praktik ini.

Metode

Metode penelitian yang digunakan terutama berfokus pada riset literatur dan analisis perbandingan. Riset literatur dilakukan untuk memahami perilaku membuang sampah makanan dan strategi pengelolaannya di berbagai negara. Selain itu, metode analisis perbandingan digunakan untuk memahami perbedaan pendekatan dalam menangani sampah makanan di negara-negara tersebut.

Hasil

Hasil dari analisis tersebut meliputi diversitas pendekatan dalam pengelolaan sampah makanan dari berbagai negara serta rekomendasi kebijakan yang dapat membantu meningkatkan pengelolaan sampah makanan secara global. Penekanan pada kesadaran lingkungan juga menjadi temuan penting dari artikel ini, yang menggarisbarkan pentingnya kesadaran akan masalah sampah makanan dan penggunaan praktik terbaik untuk mengurangi dampak negatifnya.

 

Diskusi

Perilaku Membuang Sampah Makanan

-          Bagaimana pola perilaku membuang sampah makanan berbeda antara negara-negara yang dianalisis?

-          Apa faktor-faktor utama yang memengaruhi perilaku membuang sampah makanan dan bagaimana implikasinya dalam konteks lingkungan dan sosial?

 

Pengelolaan Sampah Makanan

-          Apa praktik pengelolaan sampah makanan yang efektif yang dapat diidentifikasi dari berbagai negara?

-          Bagaimana perbandingan praktik pengelolaan sampah makanan antara negara maju dan berkembang dalam artikel tersebut?

Implikasi terhadap Kebijakan Publik

-          Bagaimana temuan dari artikel ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembuat kebijakan dalam pengembangan program pengelolaan sampah makanan yang berkelanjutan?

-          Apa tanggapan yang tepat dari pemerintah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah makanan?

Keterkaitan dengan Keberlanjutan Lingkungan

-          Bagaimana perilaku membuang sampah makanan dan praktik pengelolaan sampah makanan berkontribusi pada isu-isu keberlanjutan lingkungan?

-          Adakah inovasi atau pendekatan baru yang dapat diterapkan dalam pengelolaan sampah makanan untuk mendukung tujuan keberlanjutan?

Rekomendasi untuk Penelitian Masa Depan

-          Apa kelanjutan yang mungkin dari penelitian ini dan bidang penelitian apa yang perlu dieksplorasi lebih lanjut terkait perilaku membuang sampah makanan dan pengelolaan sampah makanan?

-          Bagaimana pendekatan lintas disiplin dan kolaborasi internasional dapat memperkuat pemahaman dan tindakan terkait pengelolaan sampah makanan secara global?



0 komentar:

Posting Komentar