1.5.24

Tugas : Esai Prestasi Pengabdian Masyarakat Kontribusi TPA Bulan Ramadhan

 Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai Prestasi 

Esai Prestasi : Pengabdian Masyarakat Kontribusi TPA Bulan Ramadhan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Naeri Khasna (23310410046)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) adalah lembaga pendidikan non – formal yang bertujuan untuk mengajarkan, mempelajari, dan memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran serta nilai-nilai Islam kepada anak – anak. Secara khusus TPA fokus pada pendidikan agama Islam dengan mengutamakan pembelajaran Al-Quran sebagai sumber utama ajaran. Di TPA anak – anak diajarkan untuk membaca dan menghafal Al-Quran, serta menerapkan ajaran – ajaran Islam dalam kehidupan sehari – hari. Kegiatan TPA Kampung Rendeng Kulon di Masjid Al – Huda dilaksanakan setiap Bulan Ramadhan oleh pemuda pemudi kampung. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memperdalam pengetahuan anak – anak tentang ajaran Islam, terutama dalam hal Al-Quran. Anak – anak belajar untuk memahami ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan Ramadhan, serta memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai keagamaan. TPA di Bulan Ramadhan juga bertujuan untuk membantu anak – anak meningkatkan kualitas ibadah mereka. Selama bulan Ramadhan, TPA menjadi tempat bagi anak – anak untuk berkomunitas dan saling mendukung dalam perjalanan keagamaan mereka. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung di mana anak – anak merasa didorong untuk beribadah, belajar, dan berkembang bersama. Dengan demikian, pemuda pemudi Kampung Rendeng Kulon mengadakan kegiatan rutin TPA di Bulan Ramadhan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendalami agama mereka, memperkuat hubungan dengan Al-Quran, meningkatkan kualitas ibadah, dan membentuk karakter keislaman yang kuat, semua dalam suasana komunitas yang mendukung dan bersemangat.

Sebelum memasuki Bulan Ramadhan pemuda pemudi membuat jadwal pengajar dan timeline kegiatan TPA selama Bulan Ramadhan. Kegiatan harian berupa membaca dan menghafal Al – Quran dilanjutkan setiap hari rabu kita mengadakan praktek cara melakukan ibadah dengan benar sesuai ajaran agama islam. Kami juga megadakan perlombaan setiap hari sabtu dan minggu dengan berbagai hadiah menarik sebagai bentuk reword anak – anak yang sudah mengikuti pembelajaran TPA dengan tekun. Selain itu pemuda pemudi juga bekerja sama dengan ibu – ibu kampung untuk membuat takjil berbuka untuk anak – anak yang mengikuti kegiatan TPA sebagai pendorong mereka mengikuti kegiatan TPA.

Peran Saya dalam kegiatan dua kapasitas yang berbeda selama Bulan Ramadan:

Sebagai Pengajar Anak-anak di TPA selama Bulan Ramadan:

Sebagai pengajar di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) selama Bulan Ramadan, Saya memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing dan mendidik anak-anak dalam memahami nilai – nilai agama dan spiritualitas Islam. Dalam kapasitas ini, Saya bertanggung jawab untuk merancang dan memberikan pelajaran yang bermanfaat tentang ajaran-ajaran Islam, Al-Quran, dan praktik ibadah lainnya. Saya juga dapat membantu anak – anak  memahami pentingnya kebersamaan, berbagi, dan pengabdian kepada Allah SWT selama Bulan Ramadan.

Sebagai Panitia Penyelenggara Lomba dan Juri Lomba Anak-anak di Bulan Ramadan:

Selain sebagai pengajar, Saya juga terlibat sebagai salah satu panitia penyelenggara lomba dan juri lomba anak – anak selama Bulan Ramadan. Sebagai panitia, Saya memiliki peran dalam merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan berbagai kegiatan lomba yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan keceriaan anak – anak dalam menyambut Bulan Ramadan. Saya terlibat dalam merancang format lomba, menentukan kriteria penilaian, dan mengumpulkan peserta. Selain itu, sebagai juri, Saya bertanggung jawab untuk menilai kinerja dan prestasi anak – anak dalam lomba – lomba yang diadakan, seperti lomba baca Al – Quran, lomba adzan, lomba menghafal surah, atau lomba seni dan kreativitas yang berhubungan dengan tema Ramadan. Dalam kedua peran ini, Saya memiliki kesempatan yang luar biasa untuk berkontribusi pada pembentukan karakter dan pengalaman spiritual anak – anak selama Bulan Ramadan.

Lampiran Kegiatan


0 komentar:

Posting Komentar