3.5.24

Tugas Esai 2 - Meringkas Jurnal Work Performance

 TUGAS ESAI 2

MERINGKAS JURNAL WORK PERFORMANCE

Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan 

Pada PT. Hasta Pusaka Sentosa Purbalingga

MATA KULIAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI




Nama : Gladys Melisande Renata 

Nim : 23310410015

Kelas : Reguler 23

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

TAHUN 2024


Topik

Motivasi dalam bekerja  


Sumber 

Maharani, DA. Supriatin, D. Puspitawati, E. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hasta Pusaka Sentosa Purbalingga. Jurnal Media Ekonomi dan Bisnis. 14(1), 66-67


Permasalahan

permasalahan ini, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Hasta Pusaka Sentosa


Tujuan 

Peneliti berfokus pada penelitian yang dilakukan di PT. Hasta Pusaka Sentosa adalah perusahaan yang menjual Industri WIG (Rambut Palsu) di daerah Purbalingga Jawa Tengah yang telah alih status menjadi Industri PMA (Penanaman Modal Asing pada bulan September 1999 dan hingga kini masih beroperasi.


Isi

Tenaga kerja merupakan salah satu asset terpenting dalam suatu perusahaan karena sebagai operator dari segala aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan. Tenaga kerja sebagai asset dalam perusahaan memiliki nilai dan harus diakui akan keberadaannya sebagai kunci utama bahkan menjadi faktor penentu atas keberhasilan suatu organisasi dalam menjalankan visi, misi dan tujuan oraganisasi. Sumber daya manusia merupakan aset utama perusahaan, karena sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan adalah sebagai subyek atau pelaku yang akan membawa perusahaan ke arah yang baik atau buruk, sukses atau gagal. Motivasi adalah sesuatu yang membuat orang bertindak atau berperilaku dalam cara-cara tertentu. (Armstrong, 1990). Sehingga, mereka termotivasi sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari motivasi adalah untuk mencapai rasa tujuan bersama dengan memastikan sejauh mungkin bahwa kebutuhan dan keinginan organisasi selaras dengan para anggotanya. (Armstrong, 1990). Penelitian yang berkaitan dengan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya misalnya penelitian yang dilakukan oleh Mahardika et al.,(2013), Wulandari dan Bagia (2020), Mardiana et al.,(2020), Masriah et al.,(2022) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Metode 

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang membuktikan hubungan pengaruh yang ditimbulkan X terhadap Y. Menggunakan data sekunder berupa kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Hasta Pusaka Sentosa, yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode observasi, kuesioner dan kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang karyawan PT. Hasta Pusaka Sentosa. Data sampel dari penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu metode yang mengambil semua populasi untuk dijadikan responden dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa data primer yaitu melalui angket dan data sekunder yaitu catatan dari perusahaan berupa stuktur organisasi, latar belakang informasi-informasi untuk keperluan peneliti. Penelitian ini menggunakan angket dengan Skala likert.


Hasil 

Secara simultan motivasi yang diproksikan dengan existence, relatedness dan growth. Secara parsial motivasi yang diproksikan dengan existence, relatedness dan growth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.


Diskusi 

Motivasi dalam bekerja sangatlah penting, karena itu menimbulkan hasil yang memuaskan. Kalau adanya kekurangan motivasi menjadi kurang produktif, kehilangan kesempatan menjanjikan dalam pekerjaan. Jadi diperlukan motivasi dalam bekerja yang maksimal supaya bisa mengembangkan karier untuk mencapai kejenjang yang lebih tinggi.








0 komentar:

Posting Komentar