6.5.24

ESSAY 3_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH ELLENIA IKA APRILLIANI


“ BEFORE-AFTER: MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN RUMAH UNTUK MENAMBAH KUALITAS KESEHATAN TUBUH”


Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA





Penulis : Ellenia Ika Aprilliani (22310410174)

Kelas : SP


PROGAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKATA


Menjaga kebersihan lingkungan menciptakan sebuah lingkungan yang sehat, bebas dari segala sampah yang biasanya menyebabkan bau yang tidak sedap. Kebersihan adalah upaya masyarakat untuk memelihara lingkungan sekitarnya dari berbagai sampah yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang bersih, sehat dan nyaman. Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita (manusia) yang dapat mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Kebersihan lingkungan sangat mempunyai peran yang penting dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tindakan yang sangat menguntungkan untuk kita. Kebersihan lingkungan dilakukan mulai dari kebersihan lingkungan rumah kita. Dengan  melakukan pembiasaan-pembiasaan mulai dari membersihkan lingkungan sekitar kita.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa melakukan pengelolaan sampah itu sangat penting. Hal itu bisa disebabkan karena rendahnya kesadaran tentang pengelolaan sampah dan juga faktor sosial dan lingkungan. Maka dari itu pokok utamanya adalah meningkatkan kesadaran pada diri terlebih dahulu bahwa lingkungan hidup dan pengelolaan sampah itu penting bagi kita.

Jika pola hidup bersih sudah diterapkan dan ditanamkan pada anak sejak dini maka saat dewasa sudah mampu untuk mengelola dan mempunyai kesadaran tentang sampah. Pola hidup bersih yang bisa diterapkan sejak anak usia dini seperti membersihkan bagian lingkungan rumah, misalkan menyapu ruangan dalam rumah dan menyapu halaman rumah, membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Before-after tindakan peduli lingkungan yang bisa dilakukan untuk membersihkan lingkungan, mulai dari lingkungan sekitar rumah dan lingkungan tempat umum. Dengan kegiatan atau tindakan before-after bisa menambah motivasi untuk lebih pro-lingkungan hidup. Tindakan tersebut mempunyai dampak yang positif untuk lingkungan dan Kesehatan pada tubuh kita. 

Kegiatan before-after adalah salah satu tindakan peduli lingkungan yang cukup mudah untuk dilakukan. Misalnya, yang paling utama membersihkan lingkungan rumah terlebih dahulu, dengan menyapu sampah-sampah yang berserakan, atau di dalam ruangan rumah  menyapu dan mengepel ruangan rumah serta membersihkan debu-debu yang menempel. Tindakan itu sangat mudah jika dilakukan tetapi harus mempunyai rasa kesadaran yang penuh untuk melakukannya. 

Upaya dalam melakukan tindakan peduli lingkungan hidup yang saya lakukan di sekitar lingkungan rumah. Saya melakukan before-after untuk membersihkan lingkungan rumah. Berikut dokumentasinya:

Dokumentasi pada gambar di bawah ini adalah kegiatan before-after yang saya lakukan di sekitar rumah saya pada hari Rabu, 1 Mei 2024. 

Before I

Before II

         


After I After II

Menurut pendapat saya, kegiatan before-after merupakan kegiatan yang bisa membantu sesama manusia untuk saling menjaga lingkungan dan merawat lingkungan dengan baik. Kegiatan tersebut dapat menyadarkan masyarakat bahwa kebersihan lingkungan sangat penting, serta bagaimana mengelola sampah dengan baik. Terciptanya lingkungan yang bebas dari sarang penyakit. 

Kegiatan before-after yang sudah saya lakukan di sekitar lingkungan rumah saya dengan membersihkan halaman samping rumah saya, menyapu dan mencabuti rumput-rumput liar yang tumbuh. Alasan saya ikut berpartisipasi melakukan kegiatan before-after adalah untuk mewujudkan pola hidup yang bersih dan sehat dan peduli pada lingkungan hidup serta kebersihannya. 


0 komentar:

Posting Komentar