6.5.24

ESSAY 3_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH RAFIQOH NOVEMBRIA


“ BEBAS SAMPAH DENGAN BEFORE AFTER “

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA,MA


Rafiqoh Novembria/22310410181

Kelas : SP

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARAT

2024/2025


Sampah merupakan permasalahan yang sangat perlu perhatian khusus. Mengapa demikian ? karena sampah tidak hanya memberikan efek positif, namun juga dampak negative. Dampak negative yang di timbulkan antara lain banjir, bau busuk, pencemaran lingkungan, hilangnya keindahan suatu tempat dan penumpukan sampah yang tidak terkendali yang mana bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tidak hanya itu saja, pembuang sampah tanpa melakukan proses pemilihan sebelumnya dan melakukan pembuangan sampah secara random, seperti halnya diselokan, ditaman yang sudah terbengkalai, rumah kosong dan banyak hal juga turut menyumbang dampak negative dari sampah. 

Lantas hal apa yang bisa kita lakukan dalam menanggapi permasalahan sampah ini ?. Jawaban dari pertanyaan itu yaitu dengan kesadaran diri akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dari sampah. Maksud dari pernyataan tersebut yaitu dengan menumbuhkan dan membangun karakter masyarakat atau diri kita dalam menjaga kemakmuran dan kesuburan lingkungannya masing – masing (Arfin Apriana, 2023). Kesadaran diri ini bisa kita mulai dari lingkungan terkecil kita semisal rumah dan lingkungan sekitar kita, semisal taman, pekarangan kosong yang kotor, selokan yang kotor dan lain sebaginya.

Untuk menumbuhkan kesadaran diri tersebut, kita  juga bisa melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat dalam pengelolaah sampah. Salah satu kegiatan tersebut adalah melakukan kegiatan before after. Kegiatan Before after atau lebih juga dikenal dengan kegiatan challenge for change adalah suatu bentuk kegiatan atau tantangan yang bergerak kearah positif dimana tantangan atau kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan di sektor lingkungan demi keberlangsungan hidup manusia seperti membersihkan tumpukan sampah-sampah plastic (Hasbi Zainuddin, 2019).

Dalam esai ini, saya  akan membahas mengenai kegiatan before after yang sudah saya lakukan di sekitar tempat tinggal saya. Kegiatan before after ini saya lakukan di lokasi dan waktu yang berbeda, berikut ini penjelasan dan dokumentasi lebih lanjut mengenai kegiatan before after yang sudah saya lakukan yaitu :

  1. Pada hari jumat, 19 april 2024. Kegiatan before after, saya lakukan di taman kecil depan rumah. Kegiatan ini saya lakukan dari jam 14.00 – 16.00 WIB. Dalam kegiatan before after ini, saya menemukan beberapa sampah yaitu plastic, botol, kayu, kain, nampan, sedotan, dan batu – batu. Setelah saya memberesi  sampah – sampah itu dan memasukkannya ke kantong sampah, lalu saya memberesi tanah – tanah yang berserakan dan menyusunnya ulang agar terlihat cantik. Tidak lupa, saya juga membuat pot dari kaleng plastic bekas yang ada dirumah saya. Untuk berat sampah yang terkumpul mungkin sekitar 2-3 kg. 

  1. Kegiatan Before after selanjutnya, saya lakukan pada hari Selasa, 23 April 2024. Kegiatan ini saya lakukan di salah satu rumah warga yang tidak terpakai namun setiap bulan selalu dibersihkan oleh warga sekitar. Kegiatan ini saya lakukan dari jam 10.00 – 12.30 WIB. Dalam kegiatan ini, saya menemukan berbagai macam sampah mulai dari sampah plastic minuman, sandal bekas, kertas, kardus dan lain sebagainya. Sampah yang terkumpul kurang lebih sekitar 1-2 kg sampah.

  1. Kegiatan Before After yang ke-3, saya lakukan pada hari Minggu, 28 April 2024. Kegiatan ini saya lakukan karena saya merasa rumah saya sudah sangat kotor dan saya butuh membersihkannya. Kegiatan ini saya lakukan dari pukul 09.00 – 12.00 WIB. Dalam kegiatan ini, banyak sampah yang terkumpul mulai dari sampah plastic, kardus, botol minuman, kertas tissue dan buku – buku yang sudah tidak terpakai lagi. Jumlah sampah yang terkumpul mencapai 1-2 kg.


Tujuan saya melakukan kegiatan before after adalah keinginan saya  untuk melakukan kegiatan yang mana bisa bermanfaat untuk diri saya dan lingkungan sekitar saya. Tidak hanya itu saja, saya juga ingin menyadarkan dan membuat orang sekitar saya  agar tergerak dengan sukarela untuk mulai peduli dengan sampah dan lingkungan sekitar dimana mereka bisa mulai dengan melakukan kegiatan before after dirumah mereka atau kegiatan lain seperti plogging atau perilaku membuang sampah pada tempat.

Selama melakukan kegiatan ini, saya hanya merasakan sedikit rasa malu dan takut. Namun pada akhirnya semua rasa itu hanya datang diawal ingin memulai namun setelah saya melakukan kegiatan itu, rasa malu sudah hilang dan yang terbesit hanya keinginan untuk membersihkan semua sampah itu dan menjadikan tempat itu menjadi layak untuk dijadikan tempat berlindung, foto dan lain halnya. Hal yang sudah terbesit dalam benakku, akhirnya menjadi kenyataan. Tempat – tempat itu menjadi tampak bersih dan rapi. Mungkin ini, sedikit cerita yang bisa saya bagikan dalam kegiatan before after yang sudah saya lakukan.  Semoga kegiatan ini bisa bedampak positif dan menjadi inspirasi untuk kita semua agar lebih peduli dan berkeinginan untuk membuat lingkungan sekitar kita tampak bersih serta bebas sampah.

Terima kasih 


Sumber :

Apriana, A. (2023). KESADARAN DIRI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA LEMAHSUBUR. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA2(1), 854-860.

Zainuddin, H .(2019, 12 Maret). #ChallengeForChange Lagi Viral di Sosmed, Tantangan Baru ‘Bersih-bersih Sampah’. Diakses pada 29 April 2024, dari https://makassar.terkini.id/challengeforchange-viral-sosmed-tantangan-baru-bersih-sampah/


0 komentar:

Posting Komentar