6.5.24

ESSAY 3_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH NAWANG APRILIANO TEGAR S.

 

Tugas essay 3 “Before After”

Pentingnya kesadaran Lingkungan


 

 Dosen : 

Dr., Dra. Arundati Shinta M A

Disusun oleh : 

Nawang Apriliano Tegar Saputra

NIM: 22310410136



PROGRAM PENDIDIKAN PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2024









Kesadaran lingkungan adalah pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan alam kita. Ini mencakup penghargaan terhadap kerentanan lingkungan dan tindakan untuk mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem. Maka perlunya kesadaran untuk membersihkan lingkungan.

Kesadaran untuk membersihkan lingkungan sekitar sangat penting untuk menjaga kelestarian alam dan kesehatan masyarakat. Itu menunjukkan tanggung jawab kita sebagai individu terhadap bumi tempat kita tinggal. Bahkan kebersihan lingkungan sangat baik untuk kesehatan kita.



Before

After


Dalam bentuk kesadaran lingkungan, saya membersihkan lingkungan disekitar rumah saya. Seperti pada gambar diatas saya membersihkan sampah daun yang berserakan di lapangan. Sampah tersebut jika tidak segera disingkirkan akan dibakar dan menyebabkan polusi. Maka dari itu saya berinisiatif untuk menimbun sampah organik tersebut supaya dapat terurai dan menjadi pupuk alami untuk tumbuhan disekitarnya. Saya menjumpai sampah tersebut pada tanggal 27 April 2024 di pagi hari sewaktu saya sedang berjalan-jalan.




Before

After


Bentuk kesadaran lingkungan kedua yang saya lakukan pada tanggal 2 Mei 2024 di pagi hari adalah membersihkan lingkungan tempat kerja saya. Di area depan terlihat banyak daun yang berserakan mengotori lingkungan kerja. Hal tersebut sangat tidak nyaman dipandang dan lingkungan terlihat kumuh. Maka saya langsung membersihkan daun tersebut kemudian mengumpulkannya. Sampah daun yg terkumpul saya buang ditempat sampah. Saya membuang sampah daun dengan memasukkan kedalam tong sampah organik supaya petugas sampah mudah untuk mengolahnya. Sampah organik bila diolah dengan baik dapat sangat bermanfaat sebagai pupuk organik. Dengan begini lingkungan bersih kerja jadi nyaman.


Jadi, Kesadaran akan kebersihan lingkungan sangat penting karena memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Lingkungan yang bersih mengurangi risiko penyakit, menjaga ekosistem yang seimbang, dan menciptakan tempat yang lebih nyaman dan indah untuk tinggal. Ini juga membantu melestarikan sumber daya alam bagi generasi mendatang.


0 komentar:

Posting Komentar