6.5.24

ESSAY 3_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH RAMA YUDHA PERWIRA

 Kegiatan Before – After 

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA


Rama Yudha Perwira (22310410152)

Kelas SP 

BEFORE 

Lokasi pertama kegiatan before-after dilakukan di sepanjang jalan desa rumah saya pada hari Minggu tanggal 5 Mei pukul 16:00 sampai 17:00 atau selama 1 jam. Sebelum dibersihkan jalan terlihat banyak sampah daun karena disekitar masih banyak terdapat pohon, sehingga sampah daun lebih banyak daripada sampah plastik. Selain itu terdapat bank sampah dibeberapa titik yang dapat membantu mengurangi pembuangan secara sembarangan sampah anorganik. 





AFTER 











Setelah dibersihkan jalan terlihat lebih bersih dari sebelumnya, sampah yang dikumpulkan berupa sampah organik. Sampah yang terkumpul ditimbun dilubang tanah agar menjadi pupuk dekomposter yang dapat digunakan sebagai media tanam. Sampah organik lebih baik ditimbun daripada dibakar karena dapat menyebabkan polusi yang membuat kualitas udara menjadi kurang baik. 


BEFORE Kegiatan before-after kedua dilaksanakan pada Senin 6 Mei pukul 15:30 sampai 16:30 selama 1 jam. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan gendengan. Kondisi lapangan gendengan cukup bersih karena sering digunakan untuk Latihan sepakbola, hanya ada beberapa sisa tali dan benang untuk layangan karena anak-anak sering bermain di lapangan ini. Untuk sampah plastik hanya sedikit dan berada di tepi lapangan, karena ada tempat jualan di tepi lapangan dan belum ada tempat sampah yang disediakan, sehingga masih beberapa yang membuang sampah secara sembarangan. 










AFTER 


Setelah dibersihkan lapangan terlihat bersih kembali, sisa tali yang masih bagus saya simpan sedangkan yang sudah putus-putus dikumpulkan dan dibuang bersama sampah plastic yang terkumpul. 

Kesimpulan dari kegiatan before-after ini kita dapat menjaga lingkungan mulai dari hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan tidak tercemari dan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

0 komentar:

Posting Komentar