3.5.24

ESSAY 3_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH IJLAL FADHLURRAHMAN

 

Essai 3 Before - After

" Dari Diri Sendiri Menuju Perubahan Lingkungan "

TUGAS PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA

Penulis: Ijlal Fadhlurrahman / 22310410154

Mata Kuliah: Psikologi Lingkugan

Kelas : SP

Sampah masih menjadi permasalahan utama terhadap pencemaran lingkungan di Indonesia maupun di Dunia. Permasalahan ini masih terus terjadi karena minimnya kesadaran dari masyarakat akan kelestarian alam. Dampaknya terasa luas dan merusak lingkungan serta kesehatan manusia. Pencemaran sampah mencakup segala jenis sampah, mulai dari plastik, kertas, logam, hingga bahan organik. Sampah - sampah ini terakumulasi di darat, sungai, dan laut, menciptakan ancaman serius bagi kehidupan laut, satwa liar, dan manusia. Di lautan, plastik menjadi salah satu perhatian utama karena dapat memicu kerusakan lingkungan dan bahkan masuk ke rantai makanan.

Sampah yang terbuang sembarangan dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada manusia. Air yang terkontaminasi oleh limbah plastik dan bahan kimia dapat mengancam kesehatan masyarakat. Selain itu juga mengakibatkan kerusakan ekosistem laut dan darat. Hewan-hewan laut sering kali terjebak dalam sampah atau memakan plastik yang dapat menyebabkan kematian. Ekosistem darat juga terganggu oleh tumpukan sampah yang tidak terurai. Pencemaran sampah juga memiliki dampak ekonomi yang signifikan, baik melalui biaya pembersihan maupun hilangnya pendapatan dari sektor pariwisata dan perikanan. 

Dari permasalahan ini timbulah kesadaran saya untuk bisa setidaknya sedikit membantu mengurangi dan mencegah penyebaran sampah sembarang. Melalui kegiatan before & After salah satu cara saya untuk bisa bertindak langsung dalam penanggulangan sampah yang sudah menyebar di beberapa fasilitas umum. Berikut hasil kegiatan before – after yang telah saya lakukan. 

Hari Pertama, Kegiatan saya lakukan pada Senin, 15 April 2024 dimulai sekitar pukul 11.00 WIB. Lokasi yang saya pilih adalah Pantai Dewaruci Jatimalang, Purwodadi, Purworejo. Saya membersihkan pantai bersama Adik sepupu saya Syiham. Selama pembersihan kami menemukan banyak jenis sampah berserakan dipesisir pantai seperti : Plastik makanan, Bungkus Pop mie dan bahkan sampah kulit biji duku. Setelah semua sampah terkumpul sekitar kurang lebih 6 Kg, langsung berikan pada pihak kebersihan pantai agar bisa dikelola dengan baik. 

Before

After

  Hari kedua, Kegiatan saya lakukan pada, Sabtu 20 April 2024 dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Lokasi yang saya pilih adalah parkiran Jogja Bay. Saya membersihkan parkiran itu bersama teman saya. Selama pembersihan kami banyak mendapati sampah dengan jenis plastik, seperti plastik bekas makan dan bungkus minuman yang berserakan. Setelah semua sampah terkumpul kurang lebih 5 Kg. Kami langsung membuangnya kedalam tempat sampah yang telah disediakan. 













Before
















After

Kesimpulan dari kegitan yang saya lakukan adalah pencemaran sampah masih menjadi masalah global yang membutuhkan perhatian dan tindakan segera. Dengan kesadaran yang lebih besar, edukasi, dan upaya bersama, kita dapat mengatasi tantangan ini dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lebih sehat untuk generasi mendatang. Langkah-langkah kecil dari setiap individu dapat membuat perbedaan besar dalam memerangi pencemaran sampah. Sekian. Terima Kasih.


0 komentar:

Posting Komentar