3.5.24

ESSAY 2_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH IJLAL FADHLURRAHMAN

 

ESSAI 2 PLOGGING

"Menyegarkan Liburan dengan Plogging: Gabungan Olahraga dan Peduli Lingkungan"

TUGAS PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA

Penulis: Ijlal Fadhlurrahman / 22310410154

Mata Kuliah: Psikologi Lingkugan

Kelas : SP


Plogging adalah sebuah trend aktivitas dari negara swedia yang dapat diartikan sebagai aktivitas Jogging yang dibarengi dengan aksi pungut sampah. Tujuan dari kegiatan ini adalah selain menyehatkan badan namun ada kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan. Hal ini bermula karena sebagian masyarakat yang gemar jogging di pagi hari merasa khawatir dengan sampah yang ada disekitarnya. Karena itulah mereka ingin membantu memungut sampah di sepanjang jalur jogging tersebut. Cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan meluangkan waktu sejenak untuk berhenti dan memungut sampah di sela-sela waktu jogging. (Webmaster, 2020)

Ketika sedang liburan, kita seringkali terjebak dalam keasyikan menjelajahi tempat-tempat baru tanpa memperhatikan dampak lingkungan yang kita tinggalkan. Namun, saya mencoba untuk mencari kesenangan yang memberikan manfaat baik untuk Kesehatan fisik dan sekaligus melatih kepedulian saya terhadap lingkungan dengan plogging. Berikut hasil kegiatan plogging yang saya lakukan selama libur lebaran. 

Plogging pertama, saya lakukan pada hari Selasa, 16 April 2024 dimulai pada pukul 06.00 WIB. Saya mulai jogging bersama Adik sepupu saya bernama syiham di Kota Purworejo lebih tepatnya kampung Nenek dari ibu saya. Start dari rumah kita berlari kecil menuju alun – alun purworejo jaraknya sekitar 700 meter, ditengah jogging saya dan Syiham mulai memungut sampah yang tercecer di dalam kota purworejo, sampahnya relatif sedikit mungkin karena mungkin selalu di bersihkan dan diawasi dinas kebersihan kota. Sampah yang kita dapatkan selama lari didaerah kota berjenis dominan plastik seperti : bekas bungkus permen, makanan ringan dan minuman gelas plasik.  

 

Setelah dari alun – alun kita lanjutkan rute hingga ke daerah Pangenrejo jaraknya sekitar 3,2 KM dari alun – alun Purworejo. Hasilnya masih sama sampah yang kita kumpulkan masih jenis plastik yang kecil – kecil. Setelah itu kami memutuskan untuk pulang namun melawati rute jalan perkampungan, disitulah kami menemukan jenis sampah yang berbeda dari sebelumnya dipinggir jalan kota purworejo, yaitu sampah daun kering. Sesampainya dirumah kurang lebih pukul 07 : 30, sampah yang kami kumpulkan kurang lebih setengah kilo yang kami kumpulkan di plastic kecil berwarna putih. Total jarak tempuh jogging + Jalan walaupun banyak jalannya sih, sekitar 7 KM. 


Plogging Kedua, Saya lakukan pada Sabtu 27 April 2024 pada pukul 08.00. Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan ini saya lakukan pada saat saya sudah Kembali ke Yogyakarta. Saya mulai jogging bersama teman saya dari kos di daerah perumnas menuju daerah seturan. Dengan rute memutar perumnas – seturan – stadion belakang UPN. Sambil berlari tanpa menggunakan alas kaki saya mulai memunguti samapah yang bercecer dijalan. Adapun sampah yang saya temui jenisnya plastik, kertas dan sampah rumah tangga. Jarak rute jogging yang saya tempuh sekitar 1 KM. dan sampah yang terkumpul sekitar 1,5 Kg. 


Dari kegiatan plogging ini saya mendapatkan manfaat dan pelajaran. Yang pertama sudah pasti Kesehatan karena kita sering lupa karena padatnya aktivitas yang kita jalani melupakan Kesehatan jasmani dan kebugaran, selain itu juga saya mendapatkan pelajaran yang berharga yaitu bersyukur dan peduli. Bagi Sebagian kita menganggap bahwa sampah itu tidak berharga namun diluar sana ada beberapa orang yang menjadikan sampah itu menjadi mata pencarian utama, lalu kepedulian kita sering tidak sadar terhadap sampah yang kita buang ke tempat – tempat umum, hasilnya selokan airnya warnanya hitam pekat, muncul bau yang tidak sedap. 

Dapat disimpulkan bahwa sebuah perubahan itu dimulai dari hal kecil, lalu dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari sekarang. Sekian. Terima Kasih.

REFRENSI


Webmaster. (2020, November 19). Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Retrieved from Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang: https://dlh.semarangkota.go.id/mengenal-plogging-aktivitas-menyehatkan-dan-juga-ramah-lingkungan/#:~:text=Plogging%20dapat%20diartikan%20sebagai%20aktivitas,ada%20pada%20sepanjang%20rute%20jogging.



0 komentar:

Posting Komentar