13.5.24

ESSAY 3_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH BAGUS WIJAYA


“MELAKUKAN KEGIATAN BEFORE - AFTER”

 Disusun Guna Memenuhi Tugas

Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu:

Dr.,Dra. ARUNDATI SHINTA MA


Oleh :

Bagus Wijaya / 22310410149

 

 

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

2024

 

 

 

BEFORE 

 

 

 

 AFTER

Lingkungan merupakan bagian dari bumi yang mencangkup mahluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan benda lainnya seperti air, tanah, udara atau sumber energi yang ada didalamnya dan menjadi satu. Lingkungan hidup yang baik dapat tercipta bila terjadi keseimbangan antara mahluk hidup satu dengan yang lainnya serta terhadap benda lain ( air,tanah,udara, dan sumber energi ). Namun perkembangan teknologi yang pesat membantu manusia untuk menemukan inovasi yang memudahkan mereka melakukan pekerjaan. Perkembangan inovasi ini tidak di seimbangkan dengan akibat dari apa yang di hasilkan dari inovasi tersebut.

Kegiatan yang saya pilih dan saya lakukan untuk memenuhi tugas membuat essai 3 adalah kegiatan Before-After ( kegiatan untuk membersihkan lingkungan yang awalnya sangat kotor menjadi lingkungan yang sangat bersih dan sehat. ). Saya melakukan kegiatan membersihkan lingkungan tempat kost saya.

Alasan utama saya melakukan kegiatan before-after ini untuk mengajarkan saya dan juga teman-teman kost untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dari yang awalnya lingkungan kost kotor menjadi lingkungan kost yang bersih,wangi dan juga sehat. Saya memilih kegiatan membersihkan lingkungan kost karena menurut saya menjaga kebersihan yang paling utama adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang terdekat terlebih dahulu.

Hubugnan yang begitu erat antara kegiatan before-after dengan Hirarki Prioritas Limbah terdapat pada prioritas yang ke 2, yaitu Minimization atau Reduce ( mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat mengakibatkan penumpukan sampah ). Sebab ketika kita dapat menerapkan Reduce, kita bisa dapat mengetahui bahwa penumpukan sampah sangatlah tidak cocok untuk dipandang oleh orang-orang sekitar. Yang menyebabkan terjadinya penumpukan sampah adalah kurangnya kesadaran masyarakat atas pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

Sampah yang saya bersihkan saya kumpulkan dan saya pisahkan antara sampah organik dan sampah non organik. Yang selanjutnya sampah organik akan saya bakar dan sampah non organik akan saya berikan ke orang yang biasa mencari barang bekas seperti pada kegiatan plogging sebelumnnya.


0 komentar:

Posting Komentar