13.5.24

Tugas Essay 2: Psikologi Lingkungan - Plogging - "Dari kita, untuk kita dan lingkungan kita" Oleh Septi Wahyuningsih

 Nama : Septi Wahyuningsih

Nim : 22310410162

Matkul : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati shinta MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Melakukan Kegiatan Plogging


    Permasalahan tentang sampah emang gak ada habisnya, apalagi sampah yang ada di jalan-jalan dan trotoar yang menciptakan pemandangan tidak indah dan berdampak negatif pada lingkungan juga kesehatan.

     Plogging merupakan olahraga lari yang sangat populer dan berasal dari Swedia, diambil dari kata “jogging” dalam istilah swedia yaitu “plocka upp” yang berarti mengambil. Dan memiliki arti olahraga pagi seperti jalan sehat dan lari pagi sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan, yaitu membersihkan sampah di sekitar area jalan. Olahraga ini dipelopori oleh seorang ahli lingkungan bernama Erik Ahlstrom, yang saat itu tergerak untuk membersihkan kota Stockholm yang kumuh dan kotor. Karena dinilai menjadi olahraga yang positif dan bermanfaat, lambat laun negara disekitarnyapun ikut melakukan plogging tersebut.

    Sejujurnya, kegiatan plogging ini adalah kali pertama untuk saya, yang biasanya hanya melakukan lari pagi biasa tanpa mengambil sampah di sepanjang rute yang saya lewati, dan tentunya ploging ini mmenjadi pengalaman tersendiri untuk saya. Plogging kali ini, saya lakukan pukul 05.45 WIB saya mengawali kegiatan jogging start dari rumah dan melewati jalan jalan umum di lingkungan tempat tinggal saya dan berakhir pada pukul 07.15 WIB.

    Disepanjang rute yang saya lewati, saya menjumpai botol botol bekas dan plastik bekas yang berserakan dipinggir maupun ditengah jalan. Sampah sampah tersebut setelah terkumpul saya letakkan ditempat pembuangan sampah yang sudah disediakan dilingkungan. Awalnya memang saya merasa aneh dan agak risih, jogging sambil sesekali berhenti dan memungut sampah dan saya masukkan kedalam karung kecil yang saya bawa dari rumah. Namun pada saat saya pulang melewati jalan jalan yang saya lakukan plogging, ada rasa lega dan puas karena jalan tersebut yang tadinya banyak sampah berserakan dipinggir dan ditengah kini menjadi lebih bersih dan nyaman dipandang. Selain mendapatkan badan yang yang lebih sehat, plogging juga menghasilkan lingkungan yang lebih nyaman dan bersih. Semoga dengan di mulai dari saya melakukan plogging ini akan menular ke masyarakat sekitar untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar, tidak hanya peduli dengan kebersihan di depan rumah sendiri.





0 komentar:

Posting Komentar