3.5.24

ESSAY 2_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH RAFIQOH NOVEMBRIA

TENTANG KEGIATAN PLOGGING : Gaya Olahraga Baru dengan Memungut Sampah

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Rafiqoh Novembria / 22310410181

Kelas : SP

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Sejatinya, kehidupan manusia tidak hanya mengenai hubungan manusia dengan manusia melainkan juga hubungan manusia dengan lingkungan. Akhir – akhir ini, banyak sekali digaungkan dan kampanye mengenai pentingnya dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Lingkungan bersih dan sehat adalah lingkungan yang bebas dari berbagai kotoran, termasuk di antaranya debu, sampah dan bau,bebas dari bahan kimia yang berbahaya (Nugroho et al., 2012). Lingkungan yang bersih dan sehat juga tidak terlepas dari sampah. Dimana sampah saat ini sedang menjadi permasalahan yang sangat serius dan perlu perhatian khusus khususnya di daerah perkotaan dan tidak jarang juga di daerah pedesaan. Namun perkotaan, memiliki peran yang besar dalam menyumbang sampah baik itu sampah anorganik maupun sampah organic. Maka dari itu perlunya pencanangan program dan kegiatan yang membantu dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolahan sampah. 

Salah satu kegiatan yang bisa di jadikan contoh dan ditiru adalah PLOGGING. PLOGGING adalah singakatan dari “pick Litter and jogging”, yang mana dapat diartika sebagai aktivitas dimana peserta melakukannya kegiatan jogging (berlari) disertai  dengan melakukan kegiatan memungut sampah yang ditemukan di rute jalan yang dilewati dengan menggunakan sarung tangan atau alat penjepit (DLH, 2019). Kegiatan Plogging ini selain bermanfaat untuk Kesehatan juga bermanfaat dalam membantu menjaga kebersihan lingkungan serta membantu mengurangi sampah. 

Dalam esai ini saya akan membahas mengenai kegiatan plogging yang sudah saya lakukan di sekitar tempat tinggal saya. Kegiatan plogging ini saya lakukan di lokasi dan waktu yang berbeda, berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai kegiatan plogging yang sudah saya lakukan yaitu :

  1. PLOGGING ke- 1, kegiatan plogging ini saya lakukan pada hari,  Jumat, 13 April 2024 pukul 06.00 – 08.00 wib. Dalam kegiatan plogging pertama ini, saya melakukan di sepanjang jalan sekitar tempat tinggal saya yaitu dari jalan mliwis selatan sampai jalan merpati. Selama melakukan kegiatan ini, saya mendapatkan beberapa sampah yaitu plastic, botol minum, sendok plastic, kertas, kardus, dan daun - daun kering seperti daun pisang dan daun mangga. Untuk jumlah sampah yang saya dapatkan kurang lebih sekitar 1 plastik hitam besar atau sekitar 1 kg. Yang mana sampah – sampah tersebut kemudian saya taruh di tempat sampah. 

  1. PLOGGING ke- 2, kegiatan plogging saya lakukan pada hari Minggu, 15 April 2024 pukul 07.30 – 09.45 WIB. Kegiatan plogging kedua ini, saya lakukan di sepanjang jalan menuju Pasar Bangunharjo, Manahan. Sepanjang jalan, saya menemukan beberapa sampah dan rata – rata sampah yang saya temukan adalah sampah kering seperti halnya daun kering, plastic, mangkuk plastic bekas, sendok dan garpu plastic bekas, serta beberapa tangkai dahan.untuk berat sampah yang saya dapatkan sekitar 0 – 1 kg. Sampah – sampah tersebut lalu saya letakkan di tempat sampah yang ada disekitar tempat tersebut.

  1. PLOGGING ke- 3, kegiatan plogging ini saya lakukan juga pada hari Minggu, 15 April 2024 pukul 15.45 – 17.30 WIB. Kegiatan plogging ini saya lakukan sekalian saya pergi lari – lari ke stadion Manahan, namun  plogging saya lakukan disepanjang jalan menuju rumah dan saya menemukan banyak sampah di depan jalan sekitar perumahan Manahan. Disana saya berhenti dan memungut beberapa sampah kering seperti pastic, kardus dan yang paling banyak adalah sampah daun dan  tangkai pohon. Untuk beratnya sekitar 1 kg. Sampah – sampah tersebut lalu saya letakkan atau sdibuang ditempat sampah yang ada disekitar perumahan tersebut.


Tujuan saya melakukan kegiatan PLOGGING ini adalah karena ingin menyadarkan kepada masyarakat atau orang sekitar yang lewat di jalan ataupun sedangkan ditempat umum lainnya agar tahu dan sadar bahwa menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting serta tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan sekitar tidak hanya menjadi tangungjawab dari petugas kebersihan namun juga tanggung jawab kita dan diharapkan juga kita juga akan lebih bisa mengubah pandangan kita mengenai sampah dan pekerjaan petugas kebersihan serta lebih menghargai pekerjaan mereka. 

Selama melakukan kegiatan plogging ini, dalam diri saya berkecamuk rasa malu dalam diri saya juga perasaan – perasan lainnya, namun dengan tekad yang kuat, saya memutuskan untuk melakukannya dan itung – itung sebagai kegiatan lain selain melakukan jogging. Awal melakukan hal itu, banyak orang yang melihat dengan berbagai macam tatapan, namun saya mencoba untuk tidak peduli dan hanya focus apa yang menjadikan tujuan saya dalam melakukan kegiatan plogging ini. Demikian cerita mengenai kegiatan plogging ini, semoga cerita ini bermanfaat dan memberikan inspirasi kita untuk mau melakukan kegiatan yang bisa mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari sampah.

Salam sehat dan bersih


 

Sumber :

Nugroho, A. S., Kaswinarni, F., & Prasetiyo, P. (2012). Pengelolaan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Masyarakat Kalicari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat3(2), 21-26.

Admin, DLH. (2019, 16 Maret ). PLOGGING. Diakses pada 22 April 2024, dari PLOGGING (sumbarprov.go.id)


0 komentar:

Posting Komentar