3.5.24

ESSAY 2_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH RIZKY LIANA DEWI


MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN DAN KESEHATAN TUBUH DENGAN MELAKUKAN PLOGGING

TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Dosen Pengampu : Dr.,Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Oleh : Rizky Liana Dewi (22310410171 )


Kesehatan tubuh merupakan apek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, hal tersebut dibuktikan dengan ketika tubuh sehat seseorang dapat melakukan banyak hal. Oleh karena itu menjaga kesehatanan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat wajib kita upayakan.Banyak sekali aktivitas santai dan menyenangkan yang dapat dilakukan,salah satunya adalah jogging yang akan membantu meningkatkan tingkat konsentrasi dan fokus kita dalam aktivitas sehari hari.

Namun hal tersebut juga tidak ada artinya jika tidak disertai dengan menjaga kesehatan lingkungan,padahal lingkungan yang buruk juga akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh.Terciptanya lingkungan yang bersih sekaligus tubuh yang sehat dapat kita wujud dengan melakukan aktivias aktivitas yang sederhana. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah plogging yang sangat tepat dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga pro lingkungan. Plogging dalam bahasa swedia berasal dari kata jogging (lari santai ) dan plocka upp ( mengambil) yang artinya kita melakukan jogging disertai dengan memungut sampah.

Saya juga sudah melakukan kegiatan Plogging selama 2 hari ditempat yang berbeda :

  1. PLOGGING PERTAMA

                      

Plogging pertama saya dilakukan di daerah dusun kelor kidul blok karang 06/17,pada tanggal 11 April 2024, saya melakuan plogging tersebut selama 1 jam, sekitar pukul 8 pagi sampai 9 pagi. Tepat pada hari pertama saya melakukan jogging juga merupakan hari kedua lebaran dan saya menemukan cukup banyak sampah plastik dan botol yang tersebar. Saya mengumpulkan dan menyetorkan sampah tersebut ke pengepul sampah setempat dan mendapatkan sekitar ½ kg atau 1 kantong plastik ukuran besar.

  1. PLOGGING KEDUA

            

Plogging hari kedua saya lakukan di dusun Kelor lor 04/16 pada hari Jumat tanggal 12 April 2024. Saya melakukan jogging selama kurang lebih 1 jam pada sore hari pukul 15.30 – 16.30. Pada hari kedua saya hanya sedikit menemukan sampah dan sampah yang terkumpul hanya setengah kantok plastik besar atau setar dengan ¼ kg. Jenis sampah yang saya kumpulkan dihari ke dua adalah sampah botol,daun dan plastik. Saya memisahkah sampah jenis plastik dan botol untuk disetorkan ke pengepul sampah. Dan sampah daun saya buang ke tempat sampah sekitar.

Dari kegiatan plogging tersebut menyadarkan saya untuk lebih pro lingkungan.Tanpa kita sadari membuang sampah sembarangan dampaknya akan sangat buruk bagi lingkungan maupun masyarakat.Mulai sekarang kita harus bersama sama untuk menciptakan lingkungan yang bersih,nyaman dan rapi dengan mulai membuang sampah pada tempatnya dan melakukan aktivitas aktivitas pro lingkungan seperti plogging. 


DAFTAR PUSTAKA


Dekye, Jiko, S., Tommy, P., & Vinna, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kesadaran Terhadap Lingkungan. Prosding National Conference for Community Service Project ( NaCasPro).


0 komentar:

Posting Komentar